Wednesday, January 10, 2007

Marching Band

Sejak jaman SMP gue udah naksir berat ama yang namanya Marching Band. Bisa sampe ternganga2 kalo liat mereka beraksi, padahal itu baru tingkat SMA doang. Sempet juga tu pengen jadi anggota Marching Band, cuman skrg gue heran... kenapa waktu itu gue justru ikut paskibra ya??? bukan marching band???

Nah... wiken kemaren baru pertama kalinya gue nonton event Grand Prix Marching Band tingkat nasional. Dan kembali kali ini (ternyata) gue masih terkagum2, walopun tanpa menganga :D. Pas gue tonton itu acara Grand Pinal-nya, ada 15 tim yg berlaga dan terbagi jadi 2 kategori : sekolah sama umum.

Ternyata peminat Marching Band lumayan banyak juga, yahhh sekitar 80% deh dari kapasitas istora senayan. Makin siang makin rame, dan kayaknya sebagian besarnya adalah supporter masing2 tim. Salah satu aksi suporter2an yg menarik, pas nama Sanur disebutkan jadi penampil selanjutnya, langsung suporternya pada heboh sureboh, teriak yel2 Sanur pake "I love you...! I love you...!" segala, sampe berdiri2, bendera "kebangsaan" pun ikut dikibar2kan, sambil terus menerus meneriakkan "Sanur...! Sanur...!" berkali2 (asli dijamin berisik banget). Dan sepertinya saat itu ada suporter tim lain yg gak rela melihat kegembiraan suporter tim Sanur, pas suasana hening sejenak, gantian ada yg teriak dengan gagah dan polosnya "Saur...! Saur...!" hahahahaha.

Eniwei, dulu tu yang gue tau pemain MB keluar dan langsung aja genjreng...! main. Nah sekarang, pertama kali nonton MB segede ini, dengan noraknya gue baru tau kalo masing2 tim ternyata punya official crew yg bertugas mengatur perlengkapan lapangan sebelum para pemainnya keluar. Semua orang pegang peranan penting, sekecil apapun (keliatannya) tugas yang dia emban. Misalnya cuman naro field mark di lapangan doang, keliatannya enteng, tp kl salah ngatur jaraknya, kan pengaruh bgt tu buat temen2nya yg main. Trus yg nempatin bendera2 untuk penari. Kalo sampe dia salah naro, gak paham posisi, bisa berabe, kan gak lucu kalo penarinya ada yg salah ngambil bendera, ato pas nyari bendera, "lho... kok tdk pada tempatnya?" kan refot tho. Gara2 hal sepele bisa merusak penampilan tim. Ibarat kata pepatah : "Karena nila setitik, rusak susu sebelanga" (yukkk...).

Dari si Marching Band ini ada pelajaran yang bisa gue petik, yaitu pentingnya sebuah Kerja Sama untuk meraih sebuah kemenangan. Peran masing2 orang sangat penting, walopun kontribusinya dalam tim keliatannya printilan banget, tapi tanpa hal yang printilan, sebuah tim tidak bisa perform (mendekati) sempurna. Masing2 orang saling melengkapi, besar ato kecil kontribusinya didalam tim.

Begitu juga dalam hidup ini, ada orang2 yang begitu dominan, ada yang begitu "lemah". Yang dominan tidak akan dominan kalo tidak ada yang lbh "lemah" dari dirinya. Dan orang yang merasa dirinya "lemah" ato keliatannya "lemah", biasanya tidak sadar bahwa dirinya telah memberikan kontribusi besar untuk orang2 / lingk. di sekitarnya. Saat "si lemah" tidak ada, baru lah semua orang ngeh akan pentingnya peranan dia. Jadi... masing2 orang punya arti di dunia ini, terlepas dari besar kecil kontribusinya untuk dunia (halah...).

Ok, kembali ke Marching Band. Kali ini yang menang untuk kategori Sekolah, juara I-nya direbut oleh BCK Chevron. Sanur ternyata tidak mengecewakan pendukungnya yg sudah teriak2 sampe mejret, dengan menggondol juara II. Sementara posisi III ditempati oleh SPDC (Unpad).

Sementara utk kategori umum, juara I-nya digondol si PKT (Pupuk Kaltim), yg menurut pengakuan penonton lainnya emang keren bgt, sampe diteriakin "lagi...! lagi...! lagi...!". Juara II ditempati oleh Semen Gresik (asuhannya Andy Dougherty, itu loh... mantan suaminya Titi DJ, ya... gak sia2 lah dia bercerai dari Titi (lho?)). Dan posisi III dihuni oleh MBUI (yang katanya, field commander-nya ganteng tea...).

Sayangnya gue gak nonton ampe abis, jadi ada bbrp adegan keren yang terlewatkan, hiks... :(

Aksi Semen Gresik si juara II


Aksi BCK Chevron nyang juara I


Aksi tim-tim yang lain

15 comments:

-ian- said...

hi
salam kenal
pasti akan sangat bangga menjadi peserta marching band dari pada melihat. DAri kecil saya juga suka itu.

Anonymous said...

setuju sama setiap orang punya arti didunia ini..
sambil ngejelasin drum band tapi ada pesen2 yg hendak disampaikan. :) NICE!!!

pyuriko said...

Pertunjukannya rame jg yaaa,...

Aksi panggungnya jg bagus2... kostum2nya apalg,...

Btw, mba Rey ikut2 teriak gak nieh??

Er Maya said...

nonton marching band selalu menimbulkan kekaguman, kebanggaan buat aku pribadi *padahal gag ikutan maen loh* :D

Er Maya said...

nonton aksi aksi kek marching band gini emang selalu bikin terkagum kagum dan bangga *padahal gag ikutan maen tuh* :D

Anonymous said...

Pasti ruame buanget deh

putri said...

hebat ya...
*gak ikutan main*

putri said...

hebat ya...
*gak ikutan main*

sutrisno mahardika said...

nonton nya aja seru, apalagi ikutan maen!! hehehe

Manusia [tidak] bodoh said...

arimbi dari smg ikutan ga rey di kategori umum?

Rey said...

@Septian : Salam kenal juga :)
@Joni : Tengkyu...
@Pyuriko : sori, gue bkn bonek :D
@maya : bener banget, kita jd ikutan semangat
@hery, putri, sutrisno : yup... pokoknya seru bgt, makanya laen kali ikut nonton...
@april : ada sih yg dr Semarang, cuman gue lupa tu itu arimbi pa bkn? mantan naggota arimbi tho pril?

Edward Fernando said...
This comment has been removed by the author.
Edward Fernando said...
This comment has been removed by the author.
Edward Fernando said...

hai mas!
kenalkan saya alumni MB BCK Duri, yg di artikel mas (http://re-y.blogspot.com/2007/01/marching-band.html) disebut bck chevron..

hehe..mau ralat aja mas, itu bukan fotonya bck duri..hohoh...

udah, cuma masu kasi tau aja..makasih bgt ya Mas..
mampir ke web nya mb bck duri ya!

http://www.mbbckduri.com

Salam,
Edward fernando
http://edwardfernando.blogspot.com

Anonymous said...

People should read this.