Friday, January 26, 2007

Wisata Kuliner

Waktu posting awal taun kan gue sempet gembar gembor mo ngasih "oleh-oleh" dari Semarang, yaahh dengan sangat menyesal baru bisa gue posting sekarang, itu pun gak semua, karena foto2nya ndak siap buat dipamerin (halah... kebanyakan alesan) dan maap kalo bbrp poto disini gak fokus, soalnya yg moto suka males angkat pantat :D.

Untuk kali ini episode-nya wisata kuliner di daerah Semarang dan sekitarnya. Ceritanya mo kayak Bondan Winarno nih, dan target utama gue adalah makanan khas ato yg 'aneh2' yg belom pernah gue cobain sebelomnya. Cuman kayaknya rada gagal, krn beberapa makanan yang gue icip kok ya paling dalam taraf lumayan, malah ada yg ndak enak, padahal cita2nya pas ngicip tu bisa sampe 'mak nyus'... Tapi ada juga kok yang enak. Ya maklumlah rada gagal, soalnya gaet-nya ternyata ndak doyan jajan :)

Yo wes... silahkan saja disimak. Buat temen2 warga Semarang, mohon masukannya dong... jajanan yang enak di Semarang dimana aja... jadi kalo laen kali ke Semarang lagi bisa 'mak nyus'.

Bakso Daging Sapi Pak Geger


Tempatnya di Jl. Mintojiwo 1, Semarang. Kalo dari jalan gede masuk gang dikit. Seporsi harganya Rp. 8,000, isinya baso 4 (kalo gak salah...) sama pangsit 3 (kalo gak salah juga). Basonya besar dan padet, rasanya laen dari baso2 biasanya, dan kalo mo motong harap berhati2, karena kalo terlalu nepsong tu baso bisa mental. Kuahnya juga rada keruh, kayak aer tajin gitu, cuman ini kayaknya karena dia pake kaldu sapi yang bener2 mahteh, mgkn bagian dari lemak ato tetelan daging sapi gitu (mungkinnn...).
Hhmmm... overall menurut gue sih lumayan enak, tapi kayaknya masih lebih enak Baso Raksasa di Wonogiri, harganya lebih murah pulak.



Sate Sapi Pak Kempleng



Tempatnya di Jl. Diponegoro 274, Ungaran. Kalo dari arah Semarang mo ke Solo, tempatnya ada disebelah kiri jalan, lha yg menjadi 'korban' kali ini Sate Sapi Pak Kempleng punya bu Hartini. Di sini gue nyoba sate sama soto sapi. Untuk satenya, rasanya seperti yg nulis, ehmm... manis gitu maksudnya *wink wink*. Berhubung gue udah manis, jadi sayang sekali kurang suka tu ama makanan yang manis2. Untuk sotonya, kuahnya beniingg banget... sueger banget deh pokoknya. Tapi sayang, kayaknya rasanya cuman seger thok tapi kurang sip gitu (menurut gue lho yaa...).
Overall rasanya lumayan lah, mgkn buat yg suka makanan manis sate ini patut untuk dicoba. Harga seporsi sate sapi Rp. 20,000 isinya 10 tusuk (biasalah...) dan seporsi soto sapi harganya Rp. 6,500. Nasinya gue lupa harganya berapa.


Sop Buntut



Kata temenku yang jarang jajan itu, sop buntut di Jl. Jend. Sudirman 146 patut dicoba (itu pun ternyata hasil info dari temennya yang suka jajan). Dan setelah merasakan seporsi sop buntut seharga Rp. 10,000, hhmmmm enak juga... lumayan lah... suegerrrr, apalagi kalo makannya pas ujan2, hhmmm....
Sejauh ini sop buntut paling enak yang pernah gue cobain tu sop buntut di samping masjid Cut Meuthia, Jakarta. Persis disebelah kirinya mesjid, ada gang kecil belok dikit, di depan gang itu ada tulisannya kok, cuma gue lupa namanya sop buntut apa (hehe...), dan dia pernah masuk acaranya Bondan Winarno. Harganya emang mahal, Rp. 20,000 seporsi, cuman sebanding dengan rasanya yang... aaahhhhhh sluurrppp... pokoknya 'endang bambang', tejo, joko, susilo, maryati, wahhh pokoknya marem tenan... Dagingnya banyak dan empuk, kuahnya sueger sumeger tenan. Kalian mesti coba deh. Kalo ternyata biasa aja... yaaa mgkn waktu itu gue lagi laper beratz jadi kalap bo', hehehe. Tp asli beneran ini enak.


Nasi Gandul


Nasi gandul ini katanya khas pati. Kebetulan gue nyobain yang di Jl. Sriwijaya, deket gerai Nokia, kalo mo ke arah Taman Budaya, dia ada disebelah kirinya, emang sih disitu daerahnya rada gelap, cuman keliatan kok warungnya warna oranye. Nasi gandul tu ternyata nasi gurih (kayak nasi liwet gitu ya), plus isiannya bisa milih, jeroan (ati, ampla, usus, babat, dll), daging sapi ato daging ayam trus disiram kuah santen ampe banjir, kayak kuah opor tapi manis dan gak pake kunyit, makannya dialasi daun pisang. Harganya seporsi Rp. 5,500. Soal rasa, hhmmm kayaknya penilaian kali ini gak bisa dipercaya, soalnya gue eneg bgt pas makan ini, walopun habis seporsi, hehehe... (gue gitu loh...) soalnya gue dah kenyang makan macem2, dan ini pit stop terakhir utk hari itu.


Nasi Gudeg


Nasi gudeg RM. Ngaras Rasa, di Mataram 701. Menurut gue sih nasi gudegnya enak, soalnya gak terlalu manis, rasanya pas, porsinya juga pas. Uenak lah pokoknya, worth to try. Seporsi nasi gudeg biasa Rp. 9,000, kalo yang special, pake telur 1 harganya Rp. 10,200, es beras kencur Rp. 4,800, sate (sate usus, sate telur puyuh) Rp. 2,800/tusuk, ati dan atau ampela Rp. 2,000. Lama2 gue kayak jualan nih...


Tahu Pong Semarang

Tahu pong yang gue jadikan 'korban' kali ini yang di Jl. Gajahmada 63B, Semarang. Gue rada lupa waktu itu pesennya apa, soalnya bon-nya ilang bo'... hehe. Kalo diliat dari penampakannya sih kayaknya tahu campur, artinya sepiring itu ada tahu pong, tahu gimbal, trus tahu apalagi gitu (lupaa... hiks). Bumbunya dipisah dari tahunya, hhmmm bumbunya tu mirip2 kayak bumbu empek2, cuman ini manis, gak pedes dan gak pake cuka (ya iya lah... kan manis...). Harganya seporsi gitu Rp. 14,000 (kalo gak salah). Rasanya enakkk..... worth to try.



Hidangan Penutup

Es Indahsari di RM. Indah Sari Jl. Mataram no. 403. Isinya buah, kolang kaling, sari kelapa, selasih, sirup, es. Yang pasti rasanya enak, suegerrrr banget deh... rasanya tu kecut2 manja (halah...), ada kecut2nya dikit gitu. Harganya Rp. 4,500 seporsi. Sebenernya awalnya kesini mo ngicipin bubur2an (bubur juwawut, bubur candil, bubur kacang, dll) yang katanya enak, tapi sayang sekali dah habis, mo nyobain nasgor kambing jg habis, jadilah sebagai pelipur lara gue nyobain es ini, dan ternyata enakk...


Nah ini dia nih... makanan yang menurut gue paling menarik dan gue suka banget. Sayangnya sampe berita ini diturunkan, gue gak tau namanya apa, hahaha. Soalnya ini dikasih orang, katanya dari Temanggung. Makanan ini dari ketan, kayaknya ketannya dibakar dulu, trus dalemnya diisi pisang, kelapa parut sama gula, trus dibungkus daun pisang berbentuk setengah lingkaran. Rasanya enak banget, lazis... mantap kali... yukkk... (gaya Benu Buloe) Mmm... apa karena gue penggemar pisang ya?

Hhhh... akhirnya selese juga. Dan kayaknya ini postingan paling melelahkan dalam sejarah per blog-an gue, potonya banyak benerrr...
Berarti tugas gue tinggal 1 lagi, mosting kota tua di Semarang. Tapi gak janji deh... :)

O iya, kalo temen2 tau tempat makan yg asik dan enak, dimana aja, gak cuman di Semarang, kasih tau dong... tukang makan nih soalnya... :D

14 comments:

pyuriko said...

Maaakkknyuuussss rasanya....

Mantap kali,....

Leeccckkkkeeerrr,....

Duuuhhh jadi laper,...

Mba ReY, kalo makan2 lagi ajak daku donk, kita hunting bareng....
Jelajah kota2 di Indonesia,.. hehehehe

Unknown said...

reeeeyyy..mana foto2nya..dah siap ngeces neh...

dita said...

mak nyooooos!!! pagi2 blogwalking dah disugujin gambar2 makanan gimana gak laper cubaaaa??? kapan2 ke bandung ya mbaak, hehehe, traktir saya

Iman Brotoseno said...

hati hati kolesterol...( tapi nggak papa kalau belum 40 tahun hehe )

Manusia [tidak] bodoh said...

hahaha tu aku ikut urun rembug soal tujuan wisata kuliner tu :D

Anonymous said...

walahhh Rey,...itu makanan bikin ngiler...saya demen tuh tahu pong,...

berapa kiloanmu skrg Rey? wakakakakkk

Cempluk Story said...

weleh weleh..mampir resto nya byk banget..enak enak pula..pa lagi sate pak kempleng..kpn2 ajak2 yah mbak??

Anonymous said...

Unsecur ; wahh numpang nimbrung dolo :

kayaknya iklan terselubung neh makanya lengkap ma pamlet rumah makannya :d unsecure jadi curiga ma REY jangan janga sodara sendiri tuh yang punya restorant trus yang gak enak bukan sodara kali yee :D heuheuhe :D

Anonymous said...

rey.. kamu posting makanan yang sudah kurang lebih 1.5 tahun gak masuk ke dalam perutku... hiks.

Nasib..nasib..

glek.. *nelen air ludah*

pipitpadi said...

weks
bikin lapar nih.....

Anonymous said...

orang jawa tuh lucu ya kalo berekspresi ttg enaknya makanan: mak nyooosss, hehehe.. salam kenal ya..

-ian- said...

wah, makanan kayak gitu udah jarang makan lagi.
Pengen neeh...
Bisa dikirim kesini resepnya ? terutama nasi gandoel ?

btw,ke semarang kok bawa guide sih ? masih di Indonesia juga, huehue..

Kalo posting aku dibritau ya, suka deh tulisan2 ibu rey

Anonymous said...

Pueeengeeenn, nyamnyam dah lama ga makan yang gituan,yaaah sabar nunggu 1/2 tahun lagi gw

NiLA Obsidian said...

halaaaaahhhh reyyyyy...
ujan ujan genehhhhh....

sampe krubukan neh peyut gw....