Monday, February 05, 2007

Banjir : Datang Tak Dijemput, Pulang Tak Diantar...

'Wajah' RT 011 yang malang...

Sebagaimana teman2 ketahui, banjir melanda kota kita tercinta ini sejak Jumat, 2 Februari 2007 lalu, dan salah satu korbannya adalah rumah gue tercinta :).

Jumat pagi (2/2/07) sebenernya gue udah mau ke kantor, tapi berhubung ujan deres banget, dan pas gue liat jalanan dah ketutup aer, gue urung lah ke kantor. Tapi waktu itu gue pikir paling2 cuman nyampe teras doang... gak masuk rumah. Lama2... air masuk teras, trus... naek ke dapur... trus... aer masuk dari belakang tangga... trus... dari kamar mandi... trus... akhirnya lt. 1 rata kemasukan air. Hmmm masih semata kaki, oke... eh lama2 "kok sudah sebetis?" masih oke, tempat beras yg diselametin di bibir tangga tiba2 numplek, air dah makin naik, beras tumpah semua, tapi akhirnya dipungutin juga sih tu beras dalam keadaan basah. Lama2... tangga pertama ketutup, trus... naek ke tangga kedua... trus... kondisi paling parah jadi kayak gini...

Rumah gue tampak depan (maap angle-nya rada kurang bagus, soalnya gue takut kecebur got, takut kamera gue jatoh n kelelep. Pas ngambil foto ini aernya seperut gue).


Taneman gue 'isdet', ikan2 koi gue yang segede2 gaban pada minggat, ooohh...

Alhamdulillah rumah gue berlantai 2, jadi bisa nyelametin barang2 ke atas. Dan kami gak kekurangan makanan, soalnya kompor en gas bisa diselametin ke atas, jadi kami bisa masak di atas, dan semua isi kulkas dimasak semua takut basi, termasuk nasi yg sempet kerendem banjir langsung dibikin nasgor, hihihihi...

Biar kata makanan terjamin, tapi gue gak bisa makan banyak2, takut gak bisa 'buangnya'. Kalo ada koran yg menulis headline "Korban Banjir Mulai Kelaparan", maap... kalo kondisi gue pribadi sih lebih tepatnya "Korban Banjir Butuh ke WC" hiks... how I miss the toilet. Ada juga sih yang menyarankan 'jalan pintas' sakit perut tuntas, cuman cara itu menurut gue uncivilized banget dan gue gak tega melakukannya. Lebih baik gak makan daripada buang air di plastik, ups... iiihhh... hoekkk...

Yah akhirnya yang bisa gue lakukan adalah 3 G :
* Gak makan banyak
* Gak mandi
* Gak bisa tidur

Pas kejadian ini kebetulan gue cuman betiga di rumah : gue, adek gue (cewek), ama pembokat gue (cewek juga). Biar kata kami cewek2, tapi berhasil nyelametin banyak barang lho..... pokoknya dah kayak Xena The Warrior Princess, eh... Xena apa kuli ya??! Tapi utk barang2 besar pake bantuan 2 orang lelaki kok... yeahhh gue gak se-kuli itu deh...


Vario adek gue 'naik pangkat'


Wanna play the piano? anyone?


7 Wonders of the world, and this is the eight. Don't ask me how to get it up there, I'm still thinking how to get it down after the flood's gone.


Something strange with the bed?


Car for sale. Anyone interested?


Akhirnya pada hari ketiga, Minggu (4/2/07), setelah air PAM mati, kami menyerahh...! akhirnya ngungsi juga ke rumah tante di Rawamangun. Sempet nyesel juga knp pas ngungsi gak bawa kamera, padahal banyak objek2 menarik (udah kena musibah, masiiihh aja demen hunting foto...), soalnya takut kamera gue kelelep sih... Yang ada foto2 tetangga gue pas mereka evakuasi.



Row... row... row... your boat


Wanna swim with me?


Can you see those little creatures inside the plastic container?


Para bedinde dikorbankan utk evakuasi barang2 duluan. Nasibmu bedinde...



Mommy... where are you? what should I do? where should I go?

Yaaa... jika Allah sudah berkehendak, apa saja bisa terjadi, dan tidak ada yang bisa menghalang2i. Kalo udah banjir gini mo bilang apa lagi... hadapi saja dengan jantan (deuu... ayam kali...). Pasti ada hikmah yang bisa diambil, kalo buat gue sih...

1. Membuat gue menjadi manusia terlatih, gak sia2 deh gue kuliah accounting 4 taun, kerja ma tokijo 5 taun, ujung2nya gue terlatih ngangkat2 barang (lho?).

2. Mengasah kreatipitas dalam hal menyelamatkan barang2; motor diangkat ke atas meja TPA mesjid, spring bed ditangkringin di atas tangga yg disangga bufet kecil, bikin kulkas segede gaban bs berdiri gagah di ruang tamu tanpa basah, de el el.

3. Memiliki efek melangsingkan tubuh, dengan ngangkat2 barang dan sedikit makan, bikin berat badan turun 2 kilo (yuhuuu...!)

4. Mengencangkan otot2 tubuh. Betis semakin kencang (mirip betis tukang becak), tangan berotot, pinggang dan punggung rontok, jalan sedikit pincang tapi bahagia (lho?).

5. Mengendalikan hawa napsu makan, sebab kalo makan terlalu banyak bisa merangsang perut untuk ngajak 'ke belakang', which is nggak banget in this kind of situation (halah... opo tho, bosone campur2 ngene...?).

6. Melatih kesabaran. Tanpa listrik, tanpa bisa kebanyakan gaya, harus bisa menikmati keadaan sedemikian rupa. Abis gimana, kalo gak sabar, uring2an sendiri malah disangka gila.

7. Menajamkan penglihatan. Karena ndak ada listrik, lilin sedikit, harus bisa melihat situasi diluar dengan kemampuan penglihatan extra, kalo perlu pake mata batin.

8. Melatih kemampuan berenang. Kayaknya kalo yg satu ini gak usah dijelasin lagi deh yee... dah pada paham kan maksudnya?

9. Membuat diri kita lebih ceria. Beras tumplek, ketawa... kulkas ngapung, nyengir aja... ngangkat motor yang berat be'eng, nyengir aja sambil nahan beratnya, senter keabisan batre dan gak punya lilin, ya nyengir aja, minyak tanah tumpah, senyum.. ketemu kecoa ngapung, ya disapa (hehe...). Daripada stress mending ketawa aja, lagipula emang banyak pemandangan lucu yang bikin ketawa.

10. Membuat diri jadi lebih bersyukur. Alhamdulillah didalem rumah gue aernya cuma sepaha, lha rumah om gue kerendem selehernya dia, barang2 berharganya gak ada yang selamet, kesian banget kan. Di rumah temennya adek gue banjirnya pake ada acara buaya tamasya keluar sungai.

11. Ide terakhir yg sempat terpikir; kelak, kalo gue menikah dan punya rumah sendiri, gue pengen rumah gue tingkat 2, punya tampungan air dan genset, jangan lupa ada WC di atasnya, kalo perlu beli perahu karet, ato kolam renang anak2 deh, pokoknya yg bisa ngapung2 n ngankut barang, jadi sapa tau kena banjir lagi, udah lebih siap. Bukan bermaksud mengharapkan kebanjiran lagi sih... cuman utk jaga2 aja, waspada gituh... maklumlah udah 2x kebanjiran kayak gini, rada trauma marisa gitu...

Terakhir, gue mo ngucapin makasih banyak buat temen2 yg dah kirim sms ato nelpon ato masuk shout box buat nanyain kabar, trus kasih dukungan moral dan spiritual, plus ngasih doa, makasih banyak yaa... AJKK. Sayang yaa... ndak ada yg ngasih dukungan material, duit maksudnya (hahaha... matre...).

Biar kebanjiran tetep ceria... :D

27 comments:

Anonymous said...

Rey, sabar ya, mungkin ini baru cobaan yang kecil yang Allah kasih untuk menguji umatnya istiqomah atau ndak .. semoga teteb ya dek' amiin :D

Wicky said...

Rey.. gw sedih baca'nyaa.. *walopun elo tetep ngocol getuh*
Swear, gw ga tahan baca'nyaa... :((
Ke rumah gw aja Rey, kebetulan rmh gw ga kena banjir..:x

pyuriko said...

Sabar yaa Mba,...

Kita smua jg kena dampaknya...

Anonymous said...

Sabar ya mbak, Walaupun tertimpa musibah masih bisa bercanda, salut, btw adik2 gw sama jg rumahnya kebanjiran sampai seatap rumah katanya. Yang satu di ciledug, satunya lagi deket citraland, keduanya jg lagi ngungsi...hiks sedih aku

-ian- said...

halo Rey (still hard to adress like this)

kalo saya yang kena banjir, pasti saya sudah "misuh-misuh" alias marah2 lewat blog saya sera menunjukkan kesedihan yang mendalam, tapi anehnya Rey, kok Rey bisa sebegitu cerianya sih >?<
BTW sakit perut ga ? kan berasnya tumpah (oh ya, dicuci dulu dink ya )
Tentang piano dan Vaionya, sayang nanti ah kalo rusak.
Nanti kabari lagi ya kabar selanjutnya....c u.

Larasati said...

kayaknya kalo nikah nanti mending jangan punya rumah di jakarta..darpada setiap banjir ngungsi :D
toilet itu lho yg ngangeni..

SE said...

huhuy ngungsi nehhh akhirnya jd refugee jg, sabar yah tante n siapin tenaga lagi buat bebenah puihhh :-(( needs help???

Anonymous said...

Innalillahi wainaillahi rojiun...
smua milikNYA kan Rey...
sayah turut berduka, tp seorang temen yg berduka kita kudu tetap ceria utk menghibur mksdnya...

salut u Rey, msh bisa bercerita tnpa tekanan apapun:)
sini deh Rey, nginep t4 sy ajah:)

klu dah nikah dan punya nikah, mending stay away from jkt deh Rey,...kayaq sy, daggg jkt, slmat deh dikalimantan...

*jd ngoblog jg wakakakkk*

Rey said...

@bunda key: aamiin bun... thx atas doanya :D

@wish i'm carmen: duhh makasih ya atas tawarannya, jadi terharu nih... hiks :)

@pyuriko: tengkyu ya ko... :)

@hery: tengkyu... tengkyu... turut berduka cita juga atas musibah yg menimpa adek2 mas hery

@septian: alhamdulillah ndak sakit perut, soalnya dicuci dulu (betul tu) br dimasak. Tp sayang jg ada yg akhirnya jd basi n tetep hrs dibuang

@larasati: tergantung aku dapet suami yg kayak apa n org mana, mbak... :D

@shazma: jelas dong need help dong... tau gak, gue tu msh kepikiran, gimana caranya nurunin tu kulkas segede gitu :D

@rien: tengkyu mbak, duhh ngungsinya jauh bener ke kalimantan. Lha mbka, skrg aja blm tau mo nikah ma sapa, jd blm tau jg ntar abis nikah bakalan tinggal di jkt apa nggak :D

NiLA Obsidian said...

ya allaahhhh....jeng reyyyyy....
ternyata kena juga....???

huahahahaha....ternyata liputan penderitaan mu sangatlah kocak...hihihi...maaf ya bukan tertawa diatas penderitaan org....bener sih.....lagian ngapain ditangisi, mending ketawa aja dr pd sutressno....

aku ga ngalamin langsung, adek ipar dan om ku yg kena juga sedada....
kondisinya kurang lebih sama, tinggal di dpn komplek rmhku....

kmrn baru aja abis bantuin bersih2....yg lumpur, kecoa, cacing dan ga tau apa lagi dan baunya 20 rupa.....

sabar ya jeng.....
perlu bantuan bersih2??
hehe

Anonymous said...

he..he...kalo lagi susah terus dibuat lucu emang bisa mengurangi beban. Semoga airnya sudah surut sekarang.

Anonymous said...

wah,turut berduka cita ya rey..moga gak terjadi lagi..btw, sempet2nya ya..lagi row2 on the boat gitu, ada yang potrat potret..pake cizz gaaak...*agak ngikik sedih*
salut deh cerianya 'd show must go on yaa' 'n...moga musibahnya cepat berakhir..

Anonymous said...

Salut memang sama rey, yang dalam kondisi seperti ini masih bisa ngocol dan tertawa riang...

Ya, jika Allah sudah berkehendak, gak ada yang bisa melawan, kita cuma bisa pasrah dan berdo'a, semoga semua bencana dan musibah yang sedang menimpa negeri kita cepat segera berakhir, Amin.

hasyimhaikal said...

Hikikik...maap rey cuma bisa kasih dukungan sms and telp doang...Ga bisa kasih dukungan materil...Secara uang gw dari Jkt aja ga bisa ditransfer dengan alasan "connection error" dasar dunia digital. (Itu mah urusan lo kali Kal). Hehehehe....Ossh! Ganbatte..!!! Saran gw biar rumah ga kebanjiran, ya ga usah punya rumah aja hehehehe...

Sri Mulyati said...

Mba Rey.., ikut prihatin yah... Semoga Jakarta ngga kebanjiran lagi ya.., btw ada yang tau gimana solusinya gitu..:(

Sri Mulyati said...

Mba Rey.., ikut prihatin yah... Semoga Jakarta ngga kebanjiran lagi ya.., btw ada yang tau gimana solusinya gitu..:(

Cempluk Story said...

Assalamualaikum..
Sungguh menangis hati ini tatkala melihat negeri ini yang sering dilanda musibah..Ada apa gerangan??Buat mbak rey sekeluarga, tmn2 jkt smg senantiasa diberi kesabaran dlm menghadapi banjir yg menimpa ibukota.. Mari rekan2 semua, kita rapatkan barisan agar senantiasa ingat kpd Allah SWT,sehingga ujian yg melanda negeri ini bisa berakhir.amin

Manusia [tidak] bodoh said...

sorry rey lupa sms or tel km.....take care ya

si2 + nya....libur sementara dr tokijo kan?

Anonymous said...

duhhh banjirnya jangan di samain dong ma ajian manggil jailangkung
DATANG TAK DI UNDANG PULANG TAK DI ANTAR btw aku turut berduka cita atas banjir jakarta mudah mudahan medan gak pernah menyusul sambil komat kamit berdoa

Rey said...

@nila obsidian : yupp bener bgt... baunya gak nahan deh... kayaknya comberan pindah rumah gue.

@donnie : alhamdulillah udah surut

@ira : aamiin... makasih :D

@joni : aamiin...

@hasyimhaikal : kl gak punya rmh berarti nebeng rmh org dong... kl k'banjiran ya sami mawon...

@nasywa : solusinya? weehhh... koyone wis ruwet, mbak... sing penting kita mengerjakan apa yg hrs kita kerjakan (which is??), gak nyelesein masalah jg kan...

@cempluk : wa alaikum salam. aamiin...

@april : wis jan... tokijo ki kebangeten tenan o, aku wis ijin ra iso mlebu mergo banjir kuwi, lha bar aku mlebu ki ra tekok opo2 ki? piye jal? ra ono simpatine babar blas. Wis critane akeh...

@unsecure : lha memang kok banjir spt jelangkung, datang tak diharap, pulangnya yo dhewek'an tho? :)

Anonymous said...

bukan maksudku tertawa diatas penderitaanmu, tp apa daya...gak tahan nahan tulisanmu yg kocak(suka susu kocak yah :D)

btw..smoga skr semua udah normal, sehat aja kan? dan salam kenal...merdeka :D

Iman Brotoseno said...

cuma bisa ikut prihatin dan nggak tau mau bilang apa ....pasrah mode

sutrisno mahardika said...

wah yang sabar yach mbak....
tapi kayaknya gak sedih ya mbak??
malah seneng... hehehe!

Anonymous said...

rey...susah banget komen di sini.. :P
pindah ke wordpress aja...sekarang database dari blogger bisa diekspor ke wp lho...jadi postingan, link sama komen gak ada yg ilang...lho kok gw provolatif gini ya...
btw, masih banjir gak???

dita said...

ga ada yang lebih indah selaen sabar.kalo rumahku di jkt kena 15 centi mba...

putri said...

Insya Allah diberi kesabaran ya. Turut berduka cita liat banjir segitu :(

Anonymous said...

Salam kenal. turut berduka cita atas kebanjirannya. Ich kann spreche Deutsch (bener ga tulisannya?)