Thursday, July 12, 2007

Trip Waisak & Sekitarnya, 30 Mei - 3 Jun '07 (Part 4)



Minggu, 3 juni 2007, Hari terakhir di Jogja

Seperti biasa, si kukuk masih setia membangunkan kami pagi2, dan dia selalu bernasib sama, ”terbunuh” ditangan Wiwied berkali2, tanpa ada hasil membangunkan sang empunya. Lagi lagi gue memutuskan bangun duluan, walopun badan gak tau deh rasanya gimana, dah gak ngerasain capeknya gimana. Si Wiwied, abis subuhan kembali ke posisi yang sama, gue sempet ngiri ”ni anak tidurnya enak amat...” Gue ngeliat ke kanan.... Hah??!! Dian posisinya aneh banget, meringkuk dan tampak kesakitan. Pas gue mo turun dari tempat tidur tiba2 gue denger rintihan Dian ”aduuhhh badan gue kok sakit semua gini yaa?” Kali ini gue bener2 takut nggencet dia pas tidur, eehhh gak taunya karena kecapekan trekking.

Sesuai kesepakatan, jam 6 kami udah stand by. Hari ini acara masih padet, padahal jam 14.00 kami udah harus ngumpul di agen Safari Dharma Raya utk pulang ke Jakarta. Sempat terjadi perdebatan soal acara di hari terakhir. Dian dari awal sampe akhir keukeuh marekeuh jumekeuh mo ke candi Ratu Boko. Devy dan Dini malah pengen banget ke keraton dan candi Prambanan. Gue sempet bingung, secara pas tanya2 sana sini candi Ratu Boko tu medannya berat juga, mesti trekking nanjak juga ”wak waw...!”dan katanya tempatnya jauh, jadi takut gak keburu. Dengan menarik napas dalam2, gue ambil keputusan "Hhhhmmmm... kayaknya gue ke keraton aja deh, takut gak keburu men...!", "ya udah, gue ikut elo Rey", kali ini Wiwied jadi pengikut gue.

Tapi entah bagaimana, mungkin secara sebenernya jauh di lubuk hati paling dalam, gue penasaran juga ama yang namanya candi Ratu Boko. Apalagi setelah dapet info dari mbak Ira, kalo candi Ratu Boko tu lain daripada candi2 yang lain. Akhirnya jadi juga ke candi Ratu Boko, tapi dengan catatan brangkatnya pagi2, dan paling telat jam 1 dah nyampe losmen lagi.

Perjalanan dimulai dengan acara sarapan dipinggir jalan, sedapetnya, seadanya, dan harganya nggak banget, masa' cuman makan nasi + ati goreng + sayur digetok Rp. 7.500?! duuhh Jogja... Jogja... cari makan kok susah bener tho... Gue pikir di sana tu kayak di Solo gitu, bakalan banyak menjumpai tukang jualan makanan dipinggir jalan, eehhh gak taunya nggak. Cuman nemu satu, trus ya itu...

Soal transport ke candi Ratu Boko, kami kembali mengandalkan petunjuknya Heru, dan kali ini kami gak mau berbuat kesalahan yang sama, kali ini harus nyegat bis ditempat yang benar, Jl. Mataram :). Dari situ kami naik bis jalur 4, tarifnya Rp. 2.000 (seperti biasa...) sampe bunderan UGM. Dari bunderan itu kami harus nyambung naek Elf (ya Allah... berikanlah kesabaran pada kami...). Hhhh... tu Elf jalannya lelet seperti biasa, tapi kali ini kami kayaknya dah lebih tabah dibandingkan sebelumnya, dah mulai terbiasa. Dari Elf ini seharusnya kami turun di pasar Prambanan, dari situ nyambung angkot yg ke Ratu Boko. Tapi berhubung pas dipasar penumpangnya cuman kami berlima, pak supir nawarin nganterin sampe candi Ratu Boko. Tarif yg digetok dari bunderan UGM sampe candi Ratu Boko @Rp. 7.000, dengan perhitungan nyampe pasar Prambanan tarifnya Rp. 5.000, dan dari pasar sampe candi Boko tarifnya Rp. 2.000.

Minggu, 3 Juni 2007, Ratu Boko.....! kami datangg..!!


Kami sampai di teras(?) pelataran(?) candi Ratu Boko kira2 jam 8 pagi. Suasananya sepi, candinya gak keliatan, pintu masuk penjualan karcis juga gak nampak. Sempat bertanya2 "ini bener gak sih?" soalnya cuman ada kami berlima disitu. Begitu masuk aja tu jalanan udah nanjak, pas mo masuk areal menuju candi dong... hhhhhhh tangga semua, dan serasa letaknya tu tinggi... tinggi sekali. Nyampe loket masuknya aja udah ngos-ngosan, dan kami pikir gak jauh setelah itu nyampe candi, eehhh gak taunya dari loket masuk ampe candi tu masih setengah jalan lagi, masih trekking ke atas lagi, hehehhe. Bagi yang mo ke candi Ratu Boko dan bawa kendaraan pribadi jgn kuatir, ditengah2 perjalanan naik, setelah loket karcis itu, ada parkiran utk kendaraan pribadi.

Sebagaimana sempat gue singgung di atas, candi ini berbeda dengan candi2 yang lain. Kalo candi2 lain umumnya didirikan sebagai tempat pemujaan, maka candi Ratu Boko ini sebenernya kerajaan. Malah sempat berhembus gosip kalo raja yang berkuasa adalah kanibal, tp gosip itu terbantahkan dengan ditemukannya relief2 daun(?), jadi justru kemungkinan mereka vegetarian(?). Yaahhh itu semua hasil mendengarkan cerita mbak Ira waktu ngumpul di angkringan tugu semalem. Sayang waktu ke sana tur guide gak available, jadi gak bs tanya2.

Candi Ratu Boko tu luas banget, lebih luas dari Borobudur, dengan struktur bangunan terpisah2. Sayangnya gue ke sana setelah gempa Jogja, jadi beberapa bangunannya dah pada runtuh2 gitu, padahal kata mbak Ira en mas Mamuk yg pernah ke sana sblmnya, candinya bagus banget, kayak cerita2 kolosal, kerajaan jaman dulu gitu. Mungkin jadi bisa ngebayangin Brama Kumbara dulu hidupnya gimana (aiihhh... sandiwara radio banget...), hehehe.

Pertama2 kami disambut Gapura Utama, lha setelah gapura ini orang akan mengira dah gak ada apa2nya lagi, cuman reruntuhan doang dan gak ada yg menarik. Nahhh... silahkan jalan terus ke belakang, di sana ada papan petunjuknya kok, ada candi pembakaran, paseban, pendopo, keputren, komplek goa. Waktu gue ke sana tu candi pembakaran lagi direnov, tp yang lainnya nggak kok, cuman banyak yg runtuh, sehingga gue banyak menerka2 sebenernya bangunan aslinya kayak apa.


Entah kenapa, menurut gue tu candi serem aja gitu, gue sempet prindang prinding waktu motret sendirian di pendopo, padahal gak ada apa2. Gue rasa karena imajinasi gue aja tu yang liar kemana2, gue terlalu menghayati dan menerka2 tu pendopo dulu dipake buat apa aja. Tapi emang sih, menurut gue candi Ratu Boko ini menyimpan banyak misteri. Gue punya banyak pertanyaan disini, seperti ketika gue liat di beberapa bangunan di luarnya dibikin tangga menurun ke bawah, tapi ujungnya tu buntu. Buat apa yaa? kenapa begini? kenapa begitu? Begitu pula waktu gue liat 2 candi kecil yang didepannya ada lubang segi 4. Gue ma Wiwied berasumsi itu tempat pemujaan, hhmmm... apa tempat pembakaran mayat bayi ya Wied? hehehe. Ya gitu deh kalo gak ada guide, jadi pada sotoy.

Bagian paling ujung dari kompleks candi ini adalah Keputren. Berupa kolam2, yang sampe sekarang masih ada kolamnya dan ada larangan utk tidak mandi, mencuci tangan atau muka di kolam ini. Bukan apa2, airnya kotor... hehehe. Keputren ini mungkin dulu fungsinya untuk mandi para putri ya? apakah ada fungsi lain selain itu? gak tau deh... soalnya yg gue liat cuman kolam. Setelah gue mengunjungi hampir semua bangunan disitu, ada 1 pertanyaan yg mengganjal di kepala "ini mereka tidurnya dimana ya?" hhhmmm apa mungkin bangunan rumahnya gak permanen seperti keratonnya ya? jadi hancur begitu aja.


Gue ama Wiwied kalo masuk suatu objek biasanya FILO (First In Last Out), jadilah ampir 2 jam di candi Ratu Boko. Dan seperti biasa... sesi terakhir adalah foto2 narsis didepan gapuranya, hehehe. Pas kami pergi, datang rombongan pengendara sepeda, yang sayangnya bapak2 semua. Ternyata mereka belom pernah ke candi Ratu Boko sebelumnya, dan langsung bertanya2 "emang ada apa tho? ini mana candinya? cuman begini aja?", gue dengan gaya sok teu menjelaskan ke bapak2 itu "ini kompleks pak, jadi candinya misah2, didalem ada banyak pak, disebelah situ ada candi pembakaran mayat, trus ntar ke dalem ada pendopo, keputren, masuk aja pak, ada petunjuknya kok", "wah jauh yaa..." (diucapkan dgn nada takut masuk ke dlm) hehehe. Ya gitu deh, gue dan yg laen berusaha kasih info ke bapak2 itu, dan mereka percaya aja, hihihihihi :D

Minggu, 3 Juni 2007, kembali ke Los...men...!

Keluar dari areal candi Ratu Boko, kami harus nyebrang jalan dan nyegat angkot. Pucuk dicinta sang angkot pun tiba, angkot kuning mendekat, dan.... waks! penuh men...! cuman muat 2 orang, gak mungkin kan kami keangkut semua "mboten mas, mangke mawon", tapi tu angkot keukeuh nyuruh kami naek, sampe akhirnya dia nyuruh penumpang didalem geser2 dan pangku2an. Dia keukeuh, gue jg keukeuh gak mo naek "wis kebak mas, ampun dipekso, mangke mawon", eehhh tu supir malah turun, mbanting pintunya, waduhhh... udah pada takut aja... masa' kami yang gak mau, dia yg marah sih. Trus si supir nyuruh yg cowok2 nggandul, duuhhh kasiaan. Tu supir emang gigih banget, dan terpaksa pulalah akhirnya kami naek, total yg naek tu angkot 18 orang. Untungnya perjalanan dgn tu angkot kuning gak lama, cuman ampe pasar Prambanan, tarifnya Rp. 2.000.

Dari pasar Prambanan kami memutuskan naek bis antar kota Solo - Jogja, karena dah trauma ama Elf, dan ternyata ongkosnya lebih murah, kami turun di Janti bayarnya Rp. 2.000. Dari Janti naek bis jalur 7 sampe Mirota Kampus, ongkosnya Rp. 2.000. Dan dari Mirota Kampus naek jalur 4 sampe malioboro, ongkosnya Rp. 2.000.

Alhamdulillah jam 11 dah nyampe malioboro lagi. Langsung aja kami mutusin makan di Malioboro Mall, daripada ketepu, lagipula dah jelas makanannya apa. Dari situ kami berpisah. Gue, Wiwied en Dian langsung balik ke losmen utk siap2 pulang ke Jakarta, sementara Devy en Dini mo lanjut lagi ke pasar Beringharjo.

Minggu, 3 Juni 2007, Ke Jakarta aku... kan kembali...!

Sampe losmes sempet leyeh2, tidur2an ampe tidur beneran. Saat lagi santei dan siap2 mo brangkat, Dian tiba2 ngomong "hhmm... ntar ada cerita apa ya di perjalanan pulang?" Kali ini ucapan Dian betuah (ciee...), emang ada kejadian special di perjalanan pulang. Simak aja terus. Jam 1/2 2 kami cek out, masalah pembayaran losmen beres, langsung cabut ke agen Safari Dharma Raya di Jl. Mangkubumi 70. Untuk menghemat waktu dan menyayangi kaki yg udah diajak trekking melulu, kami mutusin naek becak (@Rp. 3.000).

Safari Dharma Raya. Hmmm gue gak rekomen deh bis ini. Ternyata jam 2 kami dijemput mobil espass (kalo gak salah) utk ke Terminal. Dan dari terminal itu baru naek bis. Kira2 1/2 4 deh bis baru berangkat. Di terminal ini gue en Wiwied berpisah dengan Dian. Dia milih jurusan Lebak Bulus, gue ma Wiwied naek jurusan Pulo Gadung.

Bis gue sempat brenti di tempat yg sepi selama sekian lama, dan gak jelas nungguin apa. Supir bisnya terus2an ngerokok, gak ngaruh deh walopun itu bis AC, dan itu membuat gue mendadak berubah jadi "ninja", gue terpaksa nutupin hidung ke bawah dengan slayer ampir sepanjang perjalanan.

Dan kejadian yang menarik itu pun terjadi. Bisnya Dian AC-nya mati, dan berenti di Temanggung untuk benerin tu AC sampe bener, bayangin aja, jam 7 malem masih di Temanggung. Kasian kau Ian... Bagaimana dengan bis gue? hhmmm Wiwied dah kebagian tempat duduk yg sandaran kakinya gak bisa ditekuk, kesian kau Wied. Dan pas lagi nyenyak2nya tidur dengan perut lapar, tiba2 Wiwied mbangunin gue, AC di tempat duduk gue bocor (hhmmm... kok gue gak berasa ya? hehe). Wiwied lapor ke keneknya, dan bisa ditebak lah tu kenek cuman planga plongo tanpa reaksi sedikit pun. "Tenang aja Wied, ntar gue operasi". Akhirnya ditengah2 ngantuk, pala pusing, kaki pegel, gue mesti 'mengoperasi' tu AC biar gak mbasahin gue ma Wiwied. Duuhhh ada2 aja ya... tapi gue tau kenapa gue ma Wiwied pas kena yg bocor, karena Allah tau sapa yg suka mbawa gunting ama solatip kemana2, disitulah kami didudukkan, hehehe. Liat aja tu hasil operasi gue.


Safari Dharma Raya telat nyampe, seharusnya jam 5 pagi dah sampe, ini jam 6. Gue berhasil sampe rumah jam 6.15. Ibuuu...! anakmu datang...! dan akan langsung ngantor...! Ibu gue takjub dan cuman geleng2 kepala ngeliat gue yang datang trus pergi lagi. Dengan kaki bengkak dan rada kurang tidur gue nyampe kantor dengan telat (jelas...), jam 9.15.

Sekian kisah petualangan gue dalam rangka Waisak. Total pengeluaran selama 5 hari perjalanan sesuai dengan rencana awal : kira2 Rp 500.000-an, udah termasuk transport pp dan selama perjalanan, makan, losmen, dan oleh2.

TAMMAT

Catatan si Rey:
Makasih banyak buat Wiwied, Dian, Devy, Dini yang udah menjadi teman backpacking yang menyenangkan. Kapan2 kita backpacking bareng lagi yaa...!
Dan sekali lagi terima kasih banyak utk pihak2 yang udah banyak membantu; mas Andi Azimuth, Heru, pak le Sumaryanto, mbak Ira, dll yang kelupaan gue sebut.

Next Destination : BADUY...! (Insya Allah). Mohon doa restunya yaa... :)

7 comments:

Anonymous said...

Melu pegel kabeh, moco critane..
tak enteni crita Baduy, minggu ngarep. Salam dahsyat

[H][A][R][R][I][S] said...

Oala... nih postingan sampe edisi ke berapa seh, Jeng?? Kok blom tamat2?? wakakakakakaka....

[H][A][R][R][I][S] said...

Btw, gw klo pulang biasanya pake bus safari dharma raya itu juga loh, Jeng.....

[H][A][R][R][I][S] said...

Sekian kisah petualangan gue dalam rangka Waisak. Total pengeluaran selama 5 hari perjalanan sesuai dengan rencana awal : kira2 Rp 500.000-an, udah termasuk transport pp dan selama perjalanan, makan, losmen, dan oleh2.

TAMMAT


tamat juga. hehehehe...... :P

Manda La Mendol said...

Hahahaha..ngakak baca Komennya si Ale Harris..., masa cerita adventure disamain ama sinetronnya Ram Punjabi.
Le, kamu sendiri kalau komen juga berseri gitu loh..wakakaka.

Buat Rey: Itu foto siapa yang diposting ?

Nieke,, said...

hah..??
masak sih mbak Transportnya udah naik ini itu cuman keluar 500.000 selama 5 hari..?
gak percaya...ck..ck..ck,,

btw, ditunggu cerita Baduy nya! xD

Cempluk Story said...

wah perjalanan yang menarik :)