Friday, August 03, 2007

Baduy, 13 - 15 Juli '07


Inilah janji yang tertunda. Akhirnya gue posting juga. Selamat membaca, dan semoga terhibur :).

Trip kali ini yang ngadain Oi (Orang Indonesia), sebuah organisasi punyanya Iwan Fals. Gue sendiri sebenernya bukan anggota Oi, malah gue baru tau soal organisasi ini. Maklumlah… gue bukan orang indonesa… hahahahahahha nggak deng, sekeras apapun gue ngaku bukan org Indonesa, gak akan ada yg percaya, secara kulit gue aja dah gelap, muka indonesa banget. Ok kembali ke pembicaraan sebelumnya. Walopun gue bukan anggota Oi, gue bisa ikut trip ini karena diajak ama temen2 Indobackpacker (IBP). Lucunya lagi, gue jg bukan anggota milis IBP. Pokoknya gue bisa ikut trip ini sakti banget deh, banyak nebengnya. Berhubung dari trip2 sebelumnya gue dah kenal ma bbrp anak IBP, jadi kalo ada trip kemana, gue selalu diajak. Dan sejauh ini, tawarannya selalu menggiurkan, selalu membuat gue tergoda, termasuk kali ini, Baduy bo’...

Trip kali ini murah banget, cuman bayar Rp. 90.000, hihihihi seneng deh gue. Tapi bawaannya dong bo’... ngelebihin waktu gue ke Magelang – Jogja tempo hari. Yang bikin penuh tu makanan, gue bawa beras segala 2 liter (utk 3 org), trus bikin kering teri tempe sampe 2 plastik sekiloan, abon, pop mie 2, roti sobek 2, biskuit buat cemilan 2. Barang2 lainnya yg penting (bagi gue) utk dibawa : matras, sleeping bag (2 barang ini ni yang menuh2in tempat juga), senter, kompas utk menunjukkan arah kiblat, yang laennya perlengkapan pribadi kayak baju ganti, anduk, peralatan mandi, dll. Baju ganti cukup bawa 2, celana panjang 1.

Berangkat 13 Juli, meeting point : parkiran TMP Kalibata jam 19.30. Berhubung dari pembicaraan sebelumnya sempat disinggung masalah MCK yang diragukan eksistensinya di Baduy, maka gue memutuskan utk numpang mandi dan solat magrib di Niaga sebelom ngumpul di Kalibata. Gue dah siap2 gak mandi untuk hari2 selanjutnya. Keluar dari Niaga kira2 jam 18.15, seperti biasa... niat gue nyegat taxi, tapi kok satu pun gak ada yg liwat. Gue dah takut telat aja, tau sendiri kan Jumat... macetnya gila2an. Eeehh setelah sekian lama menunggu tanpa hasil, tiba2 ada tukang ojeg yang brenti di depan gue ”ojeg neng... yuk ngojek aja”. Gue tergoda juga, biar sampe sana gak telat. Lagipula kalopun gue dapet taxi, gak keburu kalee...

Akhirnya gue naek ojeg itu, dan bener aja dia pinter nyari jalan, gak kejebak macet sedikit pun. Tapppiii... Masya Allah... dia napsu banget, jalannya kebut2an, ’gak sadar apa, dia bawa penumpang?’ Sampe hampir nabrak mobil sekali, mo nabrak motor sekali, nyaris nabrak metro mini sekali, ’gilee... metro mini dilawan’. Dalam hati gue ngebatin ’duuhhh kalo begini caranya sampe TMP Kalibata bukannya ke Baduy tapi malah dikubur, hiks... gue blm siap’. Disaat kritis seperti itu dzikir makin gue kencengin, hehehe.

Berkat ngebut, gue nyampe parkiran TMP Kalibata terlalu dini, kira2 jam 7 kurang 20. Berarti perjalanan Sudirman – Kalibata cuman makan waktu kira2 10 menit, hehehe. Dan otomatis belom ada sapa2, untung disitu banyak warung2 makan, jadilah gue mampir makan dulu, dan warung bubur ayam jadi pilihan gue.

Jam 1/2 8 semuanya pada ngumpul, semuanya ada 38 orang yang berangkat, dan gue cuman kenal 2 orang : Dian dan Syifa. Kalo Dian dah pada tau dong... Nah kalo Syifa itu gue ketemu pas trip ke Karimun Jawa. Bayangan gue dan teman2 akan naek bis eksekutip. ’Hmm... mana bisnya? Kok gak ada?’ Ternyata gue terlalu muluk. Apa sih yg bisa diharapkan dgn membayar Rp. 90.000? Jawabannya adalah... sebuah truk tronton! (itu lho... truk yang biasa ngangkut tentara gitu. Gue gak tau namanya bener Tronton apa bukan, yg jelas org2 memanggilnya itu).

Jam 21.00 kami baru berangkat menuju Ciboleger, Banten. Perjalanan memakan waktu +/- 5 jam, jadi kira2 sampe Ciboleger tu jam 2 dini hari. Ini pertama kalinya gue naek tronton, ini baru backpacking, hahahaha. Ternyata didalem panas, padahal gue udah pake jaket, maklum... gampang masuk angin, lagipula saat berangkat itu gue dalam keadaan demam dan flu, sampe suara gue bindeng nan merdu. Udah gitu gak ada cahaya bo’... gelap gulita. Maksud hati dari kami masing2 pengen tidur, tapi apa daya kebanting2 mulu, apalagi pas udah masuk jalan2 sempit desa, wiihh serem... gak jelas itu dimana, suasananya sunyi, semua gelap... gue melek dengan kekuatan maksimal aja serasa merem, dan goncangannya tambah heboh, karena jalan desa kan udah bukan aspal lagi. Tidur di tronton cuman bisa dinikmati dalam hitungan detik, persis kayak shutter speed.

Ternyata jadwalnya ontime banget. Brangkat pas jam 9 malem, nyampe juga pas jam 2 pagi di Ciboleger. Disini kami udah nyewa kamar buat istirahat sebentar. Saat nyampe gue cuman pengen tidur, mengingat besoknya mesti trekking berat. Tapi mungkin jam 3 baru tidur tu, soalnya ngobrol mulu. Jam 1/2 5 gue sudah terjaga, pas adzan Subuh dari toa mesjid setempat berkumandang. Abis subuhan langsung ngantri kamar mandi dan re-packing barang bawaan gue. Gue gak mau bawa barang seberat itu trekking ke Baduy dalem. Tapi gak ngaruh juga sih, soalnya gue akhirnya pake jasa porter, pp bayar 30 rebu, hehehhe... terserah deh mo dibilang bukan backpacker sejati ato apa, gue gak mo kayak orang susah, trekking sambil bawa barang berat banget, cukuplah gue bawa yayang ama tas kecil 1.

Setelah urusan perpackingan selese dan sarapan nasi plus roti (mo trekking gitu loh... hehe), ternyata masih ada sisa waktu. Gue manfaatin jalan2 di sekitar situ, dan berinteraksi dengan penduduk setempat. Di Ciboleger ini ternyata gak semuanya orang Baduy luar. Orang Baduy itu punya ciri khas pake seragam. Kalo Baduy luar bajunya hitam-hitam, sementara Baduy dalam pake putih-putih. Di Baduy luar masih diperbolehkan menggunakan peralatan modern, termasuk boleh motret, sementara di Baduy dalem jangankan motret, sikat gigi pake odol aja gak boleh. Peralatan modern gak boleh dipake di Baduy dalem. Cerita lengkap soal Baduy akan gue tulis secara tersendiri.

Jam 9 tepat, kami berangkat menuju desa Cibeo, Baduy dalem, dengan trekking, dengan kedua kaki ini, and so the journey began… Sebagai bahan perenungan dan pertimbangan, jarak antara desa Ciboleger dengan Cibeo kurang lebih 15 kilometer, dan di itinerary kami, tertulis : berangkat jam 9 pagi, nyampe desa Cibeo jam 16.00 (sebenernya sih kira2 5 - 6 jam), itu dengan jalan kaki yaa… catet. Silahkan dibayangkan, 15 kilometer itu medannya naik turun bukit, yang tanjakannya aduhai, dan turunannya tajem juga, kalo pas musim ujan lewat situ pasti bakalan perosotan. Awalnya gue masih bisa menikmati suasana, masih bisa jeprat jepret, sampe tibalah di sebuah lumbung dan desa kecil perbatasan kawasan Baduy luar dan dalem. Lepas dari situ si yayang langsung gue masukin tas dan udah gak boleh dikeluarin lagi sampe balik lagi ke Baduy luar.

"wajah" si lumbung padi

Untuk nyuri2 moto sih sebenernya bisa banget, cuman nggak lah… gue berusaha menghormati peraturan yang dibuat tuan rumah, gue adalah tamu. Mereka dah ngasih kepercayaan utk datang ke rumah mereka dgn tidak melanggar aturan yg ada, dan gue berusaha memegang kepercayaan yang mereka kasih. Padahal gak jauh setelah perbatasan tadi, kami ketemu anak2 Baduy dalam, aduuhhh cakep2 banget… kulitnya putih, bibirnya merah. Ada yg bilang kalo mo motret mereka boleh aja, selama gak ketauan org tuanya. Tapi ya itu, gue ogah… gue gak bangga dengan diri gue sendiri dengan moto nyuri2 begitu (taelahh gue… bilang aja males ngeluarin yayang).

Perjalanan berlanjut, kami harus melewati bukit2 gersang pas mataharinya nyengat banget, dan disitu jalanannya nanjak terus. Secara keseluruhan medannya berat banget deh… Trekking ke merapi kemaren gak ada apa2nya, gue masih mau kalo disuruh balik lagi, tapi kalo trekking lagi ke Baduy dalem?! Waduhh mesti mikir2 dulu deh, medannya berat bo’, serius. Napas tu bukan senen kemis lagi, tapi senen… senen… senen, dan o... o... betis sebelah kiri gue tiba kenceng.


gue tau foto ini jelek bgt, blakangnnya over banget, dpnnya gelap. Cuman mo nunjukin aja, tanjakannya kira2 kyk gini lho...

Rombongan 38 orang udah terpecah2. Gue jalan sendiri, melihat sekeliling dan seperti biasa banyaklah pikiran2 dibenak gue ”ya Allah... apa gue kurang kerjaan ya? mau aja ikut beginian?”, ”hidup itu sulit banget ya... sampe gue mesti trekking 5 jam begini”, ”wahh bener2 menarik nih kisah hidup gue, kelak gue akan cerita ke anak2 gue, bahwa ibunya pernah trekking 5 jam dengan perjalanan banyakan nanjak, melewati bukit2 di bawah terik matahari, semua itu demi mencapai Baduy dalam. Trus ntar anak gue jawab : ibu kurang kerjaan” (halahh...).

Hening gue terpecahkan dengan celotehnya Dian. Ampir sepanjang jalan kami ngobrol ngalor ngidul, anehnya pas tanjakan berat, malah ketawa tiwi mulu. Udah nanjak, ketawa mulu sampe gue sakit perut, napas ngos2an, gimana mo kuat coba?! Sebenernya gue ama Dian tu bisa dibilang perpaduan yang unik, dia berbadan kecil dengan langkah kecil tapi cepat, dan jagoan di turunan, sementara gue berbadan besar dengan langkah lebar2, dan penakluk tanjakan (halahh...). Kami sempet ampir tersesat, soalnya jalan cuma bedua, guide-nya entah ada dimana, penunjuk arah gak jelas, untung ketemu bapak Baduy, jadi bisa nanya. Kami sukses gak jadi tersesat, cuman kayak anak ilang aja bedua, hehe.

Tadi di atas gue bilang trekking-nya berapa lama??! 5 jam kan yaa... Akhirnya gue dan Dian nyampe dengan selamat di desa Cibeo. Coba tebak jam berapa kami nyampe?! Jam 12.15 bo'...!! catet...! Berarti trekkingnya cuman makan waktu kira2 3 jam, yiihhaaa...! Tapi emang bener sih, rombongan terakhir tu nyampe kira2 jam 4 gitu deh, soalnya mereka brenti pake acara masak di jalan segala, hahaha.

Pertama2 kami disambut jembatan gantung yang dibawahnya dialiri sungai kecil yang airnya bening banget, yang seolah2 melambai2 minta diceburin. Manusia pertama yg gue liat dideket jembatan waktu itu adalah Ifan, rombongan pertama yg nyampe duluan.
Gue : ”Ini jembatan apa nih? Desa apa nih?”
Ifan : ”ya ini, Cibeo, udah sampe”
Gue : ”Ah serius lo? Udah nyampe? Kok cepet?! Emang dah jam 4?”
Ifan : “beneran… dah sampe”
Gue : “Alhamdulillah Ya Allah… akhirnya sampe. Dian, kita dah nyampe ian...! hihihihihhi”
Dian : ”aduhh... airnya bening banget, gue jadi pengen berenang nih... snorkling yukkk”
Teteupp... gak dimana gak dimana snorkling mulu.
Sayang memang disini gak bisa motret, keindahannya cuman bisa terekam dimemori kepala gue. Masih inget gue gimana sungainya, rumah2nya, alamnya, begitu asli dan gak tercemar, udaranya bersih banget.

Setelah sampe Cibeo acaranya bebas sampe malem. Siang itu gue ma Dian makan ditepi kali sambil memandangi hijaunya pepohonan yang tumbuh alami disepanjang kali, sambil memandangi teman2 yg takut lewat jembatan gantung (hahaha), dengan diiringi gemericik air yang mengalir. Siang itu menjadi makan siang paling nikmat kedua setelah makan siang di Merapi. Kenapa gue bilang paling nikmat nomer dua? Soalnya lauknya msh lbh enak yg di merapi tempo hari, yg ini lauknya seret... hehehe. Tapi kalo soal suasana, yang ini nomer satu.

Gue pengen banget bisa berinteraksi dengan penduduk Baduy dalam, jadi pas gue pulang ke Jakarta, gue punya cerita menarik tentang mereka. Tapi ternyata hal itu gak mudah. Gue kesulitan bahasa. Orang Baduy dalem gak bisa bahasa Indonesa (duuhh... udah gak bisa motret, gak bisa ngobrol, gue mo dapet apa coba?). Kalo bapak2nya mungkin lebih lancar bhs Indonesia, tp ibu2 dan anak2nya gak gitu paham, padahal kalo siang hari tu adanya cuman ibu2 sama anak2 kecil, bapak2nya dan anak2 ABG pada berkebun semua, baru pulang malem. Gue bener2 mati kutu gak bisa ngapa2in, padahal gue tertarik banget ngobrol ama anak2 sana. Jadi lah yg ada gue cuman ngeliatin mereka, senyam senyum, dan setiap gue mencoba ngomong pake bahasa sunda, yang keluar malah bhs Jawa. ”Namina sinten?” sebuah bahasa yang rusak telah tercipta. Dian yang gue tunjuk jadi penerjemah bhs sunda jg gak banyak membantu, krn mereka pakenya bahasa sunda kasar, dan emang bbrp kali gue saksikan Dian ngajak ngobrol anak kecil, tu anak malah cengengesan aja, ato malah nyuekin ”sebenernya lo bisa gak sih, ian?”

Gue dan 14 cewek lainnya nginep di rumahnya pak Sapri. Pak Sapri ini anaknya 6; 3 cewek, 3 cowok, dari 1 istri, hehe. Rumah Baduy tu model rumah panggung, cuman gak tinggi2 amat, dan mereka mendirikan rumah itu cuman diiket2 aja, tanpa menggunakan paku. Begitu masuk rumahnya los begitu aja, cuman ada pemisah ruangan dengan dapur. Untuk nginep disini sebenernya gratis, tapi gak enak dong... masa’ gak ngasih apa2, makanya kami bawa beras dan ikan asin, sekalian minta dimasakin juga maksudnya. Mereka suka banget ikan asin, mgkn krn terbiasa cuman makan nasi ama garem kali yaa, jadi sama asinnya gitu.

Masalah per-air-an; untuk nyuci, ngambil air utk dimasak, untuk mandi, dilakukan disumber yang sama, kali yang sama. Kalo mandinya dipisah antara cewek dan cowok, yang cewek disisi kiri kali, yang cowok disisi kanan kali. Mereka gak menggunakan sabun utk nyuci baju dan peralatan lain. Sebagai gantinya sabun mereka bisa menggunakan lerak ato daun ranji. Otomatis kami, para tamu jg gak boleh menggunakan sabun saat mandi dan odol utk sikat gigi. Sebagai solusinya, sikatan sih tetep, pake sikat gigi boleh kok, abis itu bisa makan permen karet macem Happydent (sori, gak bermaksud promosi, taunya cuma itu). Dan soal mandi yang sebelumnya sempet gue khawatirkan, hehehe... ternyata di sana gue mandinya normal (2x sehari maksudnya).

Di Baduy dalem udaranya cenderung normal lah, gak dingin dan gak panas terik banget. Tapi air kalinya selalu sejuk. Malam hari awalnya panas, tapi semakin malem ternyata semakin dingin bo', untung gue bawa sleeping bag. Tapi selepas subuh udaranya dah gak dingin2 amat. Dan udara di sana tu bersih banget, berasa banget kulit gue kayaknya makin halus (taelahh...). Bukti lainnya, gue berangkat dlm keadaan demam dan flu, pulangnya Alhamdulillah malah seger buger.

Keesokan harinya, pagi tgl 15 Juli, ada acara tanya jawab ato santainya ngobrol2 dengan Jaro Cibeo. Siapakah Jaro ini? Jaro itu bisa dibilang sebagai juru bicaranya kepala desa, pihak penghubung antara Baduy dalem dgn Baduy luar, dan org luar. Kepala urusan perijinan juga. Kepala desa-nya sendiri disebut Pu'un. Gak mudah ketemu dgn Pu'un ini, kalo si Pu'un ngerasa gak penting, gak akan ditemui. Lha kalo Jarot?! Jarot itu adek iparnya mbak Pur, suaminya jeng Sri di serial losmen (halah...).

Akhirnya gue bisa nanya macem2 ama si Jaro, walopun belom puas dan masih ada beberapa keingintahuan utk dijawab, tapi lumayan lah... dapet cerita sedikit tentang mereka. Saking gue antusiasnya gue dapetin info, sampe2 gue sempet dituduh jurnalis ama bbrp peserta, padahal mah... pengeenn... hehehe.

Jam 9 pagi itu, kami harus kembali lagi ke Baduy luar. Peraturan di Baduy dalam sendiri, kunjungan dari orang asing tu paling lama 1 x 24 jam. Dan maap maap aja, mereka gak menerima ras yang berkulit putih seperti bule, chinese, jepang, dll (asik ya mrk gak pernah ketemu jepang, hehehe). Yang boleh masuk Baduy dalem cuman yg bangsa Indonesa asli. Bukannya mereka rasis, tapi emang begitu peraturan adat yang mereka pegang. Kalo gue pikir2 ada benernya juga, coba kalo seandainya bule boleh masuk, wahhh bisa2 mereka bakalan bikin penelitian soal Baduy dalem, trus diekspose kemana2, bikin patah hati gak sih? Mending anak bangsa aja yg bikin penelitian soal mereka, toh bangsa2 ne dhewe. Hmmm sapa ya? hehehe...

Pulangnya kami gak trekking lewat jalan yang sama saat berangkat kemaren, kali ini rencananya mo ngelewatin Gajeboh, sebuah desa Baduy luar. Kalo gue bilang sih medannya gak seberat waktu berangkat ya, tapi kenapa nyampenya lebih lama? gue juga bingung. Gak beratnya tu karena gak kena paparan matahari, soalnya lewat hutan2, banyak tanemannya, dan ngelewatin 2 sungai. O iya, kayaknya pulangnya banyak berentinya. Ketemu jembatan gantung yg besar, brenti... motret... ketemu sungai lagi, brenti... pokoknya banyak brentinya deh.

Ini lho yang namanya jembatan gantung itu

Nahhh saat pulang ini kami melewati yang namanya Tanjakan Penyesalan. Sebenernya yg namain tu anak2 Oi. Kenapa dinamakan demikian? soalnya tu tanjakan panjang bener, kata bang Eri sih kira2 tanjakannya 1 1/2 kilometer, tapi ama temen boleh tambahin dikit. Asli itu nanjak terus lho. Pengalaman mereka dulu ngelewatin tanjakan ini tu menderita banget, soalnya pake acara perosotan segala, jadi ceritanya nyesel gitu udah nanjak di situ, hehe. Mana si Ifan, partner gue saat trekking pulang (ceritanya gue ganti partner, secara Dian jauh di belakang gue), pake cerita berulang2 kalo dulu temennya, cowok, pingsan saat nanjak di Tanjakan Penyesalan ini. 'Sori fan, tapi cerita lo gak mempan buat gue' (ciee...). Jadilah sebelum nanjak gue cepet2 ngemut gula aren biar kuat. O iya, salah satu tips biar nanjaknya kuat, makan yg manis2, seperti gula aren/ gula jawa, coklat, permen juga boleh.

"wajah" Tanjakan Penyesalan yg kyknya gak keliatan bikin nyesel, sori angle-nya salah, soalnya gue dah gak bisa mikir (halah ngeles...).

Pas trekking pulang ada yang ribut pengen makan es, dimana coba?? Kalo gak salah si Dian deh yg ribut pengen makan es. Dan tau gak, di ujung Tanjakan Penyesalan kami ketemu abang jualan es cincau, haiyaahhh... pucuk dicinta es cincau pun tiba. Tp berhubung gue dah kenyang makan gula jawa, gue gak ikutan pesen, lagipula gue takut ada yg gak abis, biarlah gue yg jadi "tong sampah"nya aja, daripada mubazir. Bener aja kan... si Fita gak abis. O iya, es-nya gue namain Es Cincau Penyesalan, hehehe.

Lia, Fita dan Ifan sedang menikmati es cincau. Murah lho, cuman seribu. Eh iya, sori fotonya rada gelap


Nyampe penginepan di Baduy luar tu kira2 jam 1, walopun lebih lama 1 jam drpd brangkatnya, tp gue semangat banget ni pas balik, motivasi-nya adalah... : biar pas nyampe sana gak ngantri kamar mandi, gue pengen buru2 mandi.

Selese mandi, solat, beberes dan makan siang, gue ngider lagi, kali ini blanja bo'... cari oleh2. Kayaknya gue boros di belanja oleh2 deh, beli sarung tenun lah, kain khas yg dipake org Baduy lah, beli madu lah, centong ama sutil segala, belom lagi suvenir2 printilan kecil2. Soal madu, kata si Ifan sih yg bagus itu yg ketika tutupnya dibuka dia ber-gas, bener gak sih? Madunya tu harganya Rp. 16.000 sebotol sirup (brp liter tu ya?).

Karena acara belanja belanji ini jadwal pulang jadi mulur, tadinya jam 2 jadi jam 1/2 4 deh baru pulang. Nyampe Jakarta jam 8 malem. Hhhhh.... selesai sudah trip ke Baduy. Hari yang melelahkan tapi menyenangkan. Saking senengnya gue gak berasa capek, serius. padahal tu kaki gue bawa jalan terus kan. Tapi pagi2nya dong pas gue bangun, 'wakss...! mana kaki gue nih?' kaki gue sempet gak bisa digerakkan, kayak ketiban besi gede, hehehee...

Catatan si Rey :

Insya Allah mo nulis soal Baduy-nya sendiri juga, tapi harap jangan ditungguin, soalnya gak tau mo ngapdet lagi kapan, hehe. O iya bulan Agustus Insya Allah akan ada 2 trip, hehehe... bangkrut deh ni gue. Untung bulan Septembernya dah puasa... :D
Mohon doa restunya yaa... :D

15 comments:

Nieke,, said...

hah? serius nih pertama..? x)

ada beberapa hal yg mau gue komentari ngebaca dari awal sampe akhir:

1. gak tau OI? qeqeqeqe... upppsss... ampuuuunnn ndorooo.. xD
2. knapa bawa sleeping bag, mbak? di sana tidurnya outdoor?
3. gak boleh moto tapi boleh moto lumbung padinya?
4. "Gajeboh" itu punya hubungan apa sama "Gazebo"? *halaaahhh.. yg ini gak penting xP*
5. oleh2 sarung tenun buat gue mana? *yg ini lebih gak penting lagi.. xD*

Azhar said...

aduh rey lo jalan-jalan mulu ya....kok bisa lo cabut kantor lagi ya

tau ga boss lo telponin gw mulu tuh, makanya form cuti diisi dong jgn diliatin doang wahahaha

[H][A][R][R][I][S] said...

jalan2 mulu kerjaannya. kapan kerjanya??

makan gaji buta yah?? wakakakakaa..

[H][A][R][R][I][S] said...

Deuh... yang tajir neh... 90rb dibilang murah.

itu jatah makan gw seminggu. Hiks... hiks....

Btw, Klo yang bukan orang indonesia tuh gw, Rey. Coz gw half blood gitu, ada sodaraan sama Devid Beckham. Wakakakakaka...

[H][A][R][R][I][S] said...

Deuh... yang tajir neh... 90rb dibilang murah.

itu jatah makan gw seminggu. Hiks... hiks....

Btw, Klo yang bukan orang indonesia tuh gw, Rey. Coz gw half blood gitu, ada sodaraan sama Devid Beckham. Wakakakakaka...

Manda La Mendol said...

sayang ya, nggak boleh foto orang baduy dalam. Asli Rey, baca ini aku ikutan capek, serasa aku sendiri yang ke sana...huhu..capaekkkkk *sok jalan jauh

an kusnanto said...

baduy dalem?
impian-ku selama ini...

gpp g boleh motret

kadang memori otak lebih bisa nyimpen drpd memori card, dan lebih eksklusif

d3vy said...

Hiiiks..kelewat euy...

giling, klo mau ngikutin semua trip ya ada, mendingan gw buka jasa perjalanan aja (kali).

Rey, mo ikutan ke pulau tunda ngga 17-19 agustus besok? atau jangan2 lo dah pernah?

*hiks.. kelewat lagih*

Anonymous said...

@Nieke :
1. emang gue baru tau Oi, emang kalo tau lbh awal bs dpt apa?
2. kl mo bw sarung sih gpp... cuman dinginnya gak nahan
3. capek dehhh... gak nyimak bacanya, kan gue blg stl lumbung padi baru gak boleh motret, perbatasannya stl itu.
4 & 5. berhubung lo sendiri nganggep gak penting ya gak usah gue komenin balik yee...

Anonymous said...

@Azhar : laen kali kalo bos gue nelpon elo, tlg bilangin dong gaji gue suruh dinaikin, buat nambah jalan2 nih, kurang... hehehehe :D

@Harris : kebiasaan deh, komen berkali2. Gue tajir?? aamiin... semoga terkabul, hehehe... gue bs kyk gini sblmnya menderita tekanan batin sekian taun, Le... hehe :D

@si jago makan : sbnrnya ada mbak fotonya org baduy dalem, mgkn akan gue posting ntar. Knp bisa dapet? yaa liat aja ntar, yg pasti motonya gak nyolong2 :)

@galeri-imaji : dan jd lbh indah ya, krn gak bs di-share ke semua org :)

@devy : pulo tunda? postponed island ya? pertama, tgl segitu gue kan mo ke situ tuh... kedua, males gue ke pulau2 gitu, kata Dian jg bagusan Karimun. Gue mah skrg kalo jalan gak mo ngoyo lah... gue pengen bs nikmati tiap trip, makanya gue males ikut ke sempu ntar, kyknya terbirit2 bgt, sayang duitnya... (taelahh...)

Anonymous said...

Akhirnya...
Nongol juga postingan yg gue tunggu2
tentang parkiran TMP Kalibata.. :D

Beneran capek ye rey...
capek bacanya.. :D

Kinoy said...

hehe tenkiu ya sempat2 nya lo naruh komen di blog gua..walo udah laaammaa banget..enak juga tulisan lo dibaca..suka travel juga lo ya..

Anonymous said...

wetset... tambah asik ae jepretanmu rey :) lanjut terus, lebih banyak berlatih lagih! :D

asli, nggarai pingin dolen mrono :p

Iman Brotoseno said...

selalu ada yang menarik dalam perjalanan seperti itu...asyik pasti motretnya

Anonymous said...

fotonya keren mbak.. two thumbs up..

gua juga pgn ke sana, tapi selalu ga jadi T_T