Friday, August 24, 2007

Episode 1 : Thailand, 15 - 17 Aug '07

Gue bingung mo mejengin foto yg mana. Pantes gak sih kalo foto ini jadi pembuka?


Perjalanan kali ini rada jauh dikit, menyebrang ke negera tetangga, Thailand dan Malaysia. Pesertanya 5 orang (Hanny, Cory, Winda, Anti dan gue) dan gue sebelumnya belom pernah ketemu mrk sama sekali. Hanny, Cory dan Winda udah mulai jalan dari tgl 10 Aug lewat Pontianak, Kuching, Miri, Brunei, KL, Phuket, balik lagi ke KL. Sementara gue yg msh tau diri minta cuti ma ktr, gak berani ikut jadwal mereka. Gue memilih baru join mereka tgl 15, saat menuju Phuket. Hmmm tapi kok Phuket ya?? secara gue gak gitu suka pantai, dan secara gue pikir kalo soal alam mah masih kalah ama Endonesa. Akhirnya gue membuat sebuah keputusan gila; gue ke Bangkok aja, dan itu berarti gue pergi sendirian. Gebleknya gue baru 'ngeh' bakalan sendirian di Bangkok setelah gue buking semua tiket Air Asia (bkn bermaksud utk promosi).

Rabu, 15 Agustus 2007

Pesawat gue berangkat 06.25 pagi menuju KL, berarti paling nggak jam 1/2 6 kurang gue udah harus ada di bandara. Pas nyampe gue liat antrian cek-in-nya puanjang banget, jadi gue putusin solat subuh dulu, takut uzur. Selese solat ternyata ngantrinya msh panjang juga, abis itu mesti ngantri panjang lagi buat bayar fiskal, lepas itu, masih ngantri lagi buat imigrasi checking. Bayangin aja yaa... spt gue bilang tadi, pesawat gue brangkat jam 6.25, tapi jam 6.15 gue msh ngantri di imigrasi. Alhasil, lepas dari imigrasi gue langsung lariiiiiiiiii...!! mana gate gue D5 yang ternyata letaknya paling ujung, alamak... mana belum sarapan pula, lengkap sudah.

Jam 9 waktu KL, gue nyampe dengan selamat tapi kelaparan. Sambil nunggu Hanny, Cory dan Winda gue makan 2 lembar roti sobek yg gue bawa dari Jakarta. Di KL cuman transit sebentar nunggu jam 3 utk penerbangan selanjutnya ke Bangkok, sementara 3 orang itu lanjut ke Phuket. Pas ketemu gue mereka yang takjub gitu "bawaan lo cuman segitu?" Gue cuman bawa carrier 60 liter yg beratnya waktu itu 9 kilo-an, cuman bawa 3 baju krn gue niat mo nyuci dimana saja gue berada. Sementara mereka ternyata udah bawa backpack, masih pula bawa koper, baju aja bawa 14, halah halah...

Kami cuman ketemu sebentar dan akhirnya berpisah di bandara. Dengan bekal isi perut nasi lemak di bandara, gue berangkat seorang diri ke Bangkok. Mungkin gue turis paling gila, udah cuman sendiri, penginepan belom dapet, dan gak tau apa2 pula. Sebenernya dari Jakarta gue dah buking hostel murmer gitu di daerah Khaosan, tapi mendadak 1 hari sblm gue brangkat pihak hostel ngabarin kalo ternyata mereka fully booked. Karena the show must go on dan gue nyari2 lagi blm dapet, jadilah gue go show aja. Gue cuman inget pesan mbak Erika : "go show gak papa Rey, disana banyak kok, lo cari aja di sepanjang Khaosan road, pasti dapet, kan bkn peak season". Gue pasrah banget deh pokoknya, kayaknya perjalanan ke Bangkok itu gue cuman bawa diri aja. Gue begitu nyantai dan cuek.

Pesawat gue delay banget, ada kali 2 jam-an. Dan di pesawat ini keajaiban pun terjadi. Bule disebelah gue, cewek, tiba2 ngajakin ngobrol. Dia backpacker dari Jerman (hhmmm kyknya gue jodoh ni ma org Jerman), dan rada kaget aja begitu tau kalo gue baru pertama kali ke Bangkok, sendirian, dan gak punya pegangan pula. Si Kathlyn ini (gue gak tau ejaannya bener pa salah) rencananya di Bangkok mo ngumpul ma temennya, backpacker asal Inggris n Finland. Dan si Steve yg dari Inggris itu ceritanya yg mo njemput dia. Setelah ngobrol ngalor ngidul, dia ngajakin gue bareng aja, sapa tau arah hostel-nya dia ama Khaosan road sama, jadi kan bisa share taxi bareng.

Bangkok... aku datangg...!!
Kira2 jam 4.30 waktu Bangkok, gue tiba dengan selamat dan tenang, walau seperti anak ayam keilangan induknya. Setelah urusan per-bagasi-an selese, acara selanjutnya adalah nuker Baht dulu. Lucu deh... si Kathlyn ini kan ceritanya sblm ke Bangkok mampir dulu di KL, Jakarta trus sblmnya mana lagi gitu, jadilah dia menukar uang2 Ringgit dan Rupiah ke Baht. Trus tiba2 ada argumen kecil dgn si mbak money changer. Kathlyn nanya gue sambil ngeliatin uang 20 ribuan juelek banget, warnanya aja udah coklat "this is money, right? why they can't accept this?" ya elahhh mbakyuu... uang jelek begitu lakunya di abang2 kalee... kalo uang lecek gitu mah biar kata Dollar juga bakalan dilepeh2.

Nahhh... sekarang giliran gue yang nuker. Selese nuker si jeng Kath penasaran gitu gue dapet berapa "how much do you get?" (dia pikir gue nuker Rupiah jg kan...) dengan nyantai gue jawab "sorry, I exchange SGD, I only bring SGD and USD", "I can't believe it". Hahahaha... yg bule nuker Rupiah, gue yg tampang indo gini nuker Dollar. Gue emang sengaja bawa dollar, biar nilai tukarnya tinggi, dan jauh2 hari, sekian bulan sebelum pergi gue udah memantau dollar, saat dia turun gue beli. Jadi sodara2, kalo mo pergi ke LN mending sangunya dollar aja.

Ternyata si Steve, temennya jeng Kath msh setia nunggu di arena penjemputan penumpang, padahal dah delay 2 jam. Jelas aja si Steve msh setia nunggu, lha wong dia sbnrnya telat njemput gara2 salah liat jam, hehe. Si Steve ini tampangnya mirip2 Vin Diesel (cuman cakepan si Vin), tingginya se-gue, beda2 tipis lah... (ciee..) dan ngomongnya cuepet banget, tapi orgnya baik dan ramah. Pas gue blg gue mo ke Khaosan road, ternyata bertolak belakang dgn hostel yg dia inepin. Khaosan di Barat, mereka di daerah Shukumvit, di Timur, tapi kalo liat di peta Bangkok aja dia gak ada, kata si Steve sanaan dikit (nah loh...). Dan si Steve ini bilang, katanya daerah Khaosan tu ruame banget, emang hostelnya murah2, cuman gak nyaman buat ditidurin, krn brisik banget, udah gitu kalo kesana bakalan kena macet, bisa abis 400 - 600 Baht buat naek taxi (kira2 120 - 180 rebu). Gue mulai bimbang, tiba2 si Steve nawarin "ato kalo mau, lo ikut kami aja, emang sih tarif kamarnya lebih mahal, tapi nyaman, bersih, dan lo bisa hemat ongkos taxi, jatoh2nya mgkn sama aja" (kek-nya gak perlu dijelasin ya, kalo si Steve ngomong ini pake bhs inggris). Gue sempet bengong sejenak dan akhirnya kegilaan kedua terjadi, gue memutuskan ikut mereka setelah gue dapet info jg dari Steve kalo di deket situ ada travel agent. Hmmm tp gebleknya gue lupa nanya soal kamar mandi :(

Edun banget gak sih? gue sendirian di negri orang, ngikut2 aja, gak tau itu daerah mana. Akhirnya terdamparlah gue di Big John's Hostel. Utk taxinya sih gue cuman disuruh bayar 50 Baht ama si Steve (kesian kali ngeliat tampang gue yg kyknya gak berduit, hehehe). Ternyata si hostel itu emang tempatnya para turis2 bule berada, semua bule, gue doang yg asia, cewek pula, sendirian pula dan berjilbab pula, hehehehe. Setelah masalah administrasi cek in kamar selese, tiba2 si Reception yg bertubuh subuurr dan bule nanya gue "do you prefer the quiet room or not so quiet one is ok for you?" Gue jawab yg quiet dong. Ealahhh... ternyata gue ditaro dilantai 4, mana so pasti itu pake tangga tho? jadi harus naik tangga bawa carrier tho? selamet deh... hehehe. Big John's hostel ini kayak ruko gitu lho modelnya.


Di sinilah tempat beta menginap. Kelupaan motret kamarnya, deuuhh... :(


Kejutan berikutnya adalah pas gue liat kamarnya yaaa oke lah... gak jelek, cuman nglekep gak ada ventilasi, tp tersedia AC dan kipas angin. Eh iya, AC-nya share dgn kamar sebelah, jadi kalo dese matiin tu AC, yo wis, berarti AC dikamar gue jg bakalan meninggal dunia. Soal AC kecil lah... soalnya gue gak terlalu suka AC juga. Tp gue deg2an liat kamarnya, ada 1 bagian penting yg harus gue tanyain : "where's the bathroom?", "outside..." gubrak...!! justru itu yg penting, ehh dia malah di luar. Gue sempet mengutuki diri gue sendiri, kenapa pula gue ngikut si bule2 itu, kamarnya mahal (530 Baht/malem), kamar mandi di luar (walopun dipisah cewek cowok), di lt. 4 pula, dan ini di daerah mana nih?? duh Gusti... berikanlah kekuatan.

Lost in Bangkok
Gue pandangi kamar yang gue dapet, masih berpikir kemahalan (hehehe... pelit ya?), dan berusaha menyesuaikan diri dengannya. Naro tas, mandi bentar, trus langsung cabut nyari travel agent deket2 situ buat agenda gue besok, ke Ayutthaya. Kenapa Ayutthaya? soalnya gue gak punya waktu banyak, jadi gue hrs memilih antara ke Wat Po, Wat Arun, Wat Angkor dan Wat-Wat yg laen, apa ke Ayutthaya. Pilihan gue adalah Ayutthaya, kyknya dan katanya bagus gitu.

Ok, kembali ke topik. Sore itu gue tanya mbak2 reception yg org thai, dia blg ada travel agent deket situ, gue tinggal belok kanan, trus di sana ada banyak. Jalan lah gue sesuai petunjuk si mbak. 100 meter lewat... 500 meter lewat... 1 kilo lewat... ampe ada kali gue jalan 2 1/2 kilo dan gak nemu tu travel agent, sampe hari gelap bo'... gue melewati jalan2 gelap, pertokoan, trus ujung2nya nyasar di tempat2 kayak pasar, banyak pedagang kaki lima dan tempat2 pijet (hhmmm menggiurkan...). Gue sempet pengen nangis tuh pas jalan gak nemu2 travel agent 'kegilaan apa yg membawa gue jalan2 sendiri di Bangkok?'. Dan sepertinya kali ini jiwa ngeyel gue berguna banget, pokoknya gue keukeuh nyari travel agent sampe titik darah penghabisan, dan sambil puter otak apa yang harus gue lakukan kalo ternyata gue gak menemukan travel agent.

Hmm... gue harus cari org yg bs bhs inggris nih buat nolongin gue. Akhirnya gue balik lagi, jalan kira2 300 meter ada bank masih buka, gue masuk aja "excuse me do you speak english?". Alhamdulillah mbak yg di bank bs bhs inggris dan bs nolong gue. Emang bener ada travel agent deket situ, cuman dah tutup. Mungkin krn dia liat tampang gue kayaknya yg niat banget nyari travel agent, dia keluar nanya2 office girl yg lagi duduk2 diteras. Akhirnya dengan ragu2 (krn tempatnya jauh) si mbak nyaranin gue ke Emporium Mall dgn naek BTS (sky train), menurut dia mgkn ada travel agent disitu. Dia ngasih ancer2 supaya gue gak nyasar naek BTS. Duuhh si mbak itu baik banget deh... Trus kami sempet ngobrol2 dikitlah, pas dia tau kalo itu kali pertama gue ke Bangkok dan sendirian pula, dia kaget trus bilang "you are a strong girl..." gue cuman ketawa doang, soalnya air mata gue udah mo meleleh denger kata2 si mbak 'no... i've done something stupid, i shouldn't travel alone'.

Setelah dapet petunjuk si mbak, gue ngerasa dapet pencerahan dan kembali semangat buat nemuin sebuah travel agent. Akhirnya sampailah gue di Emporium Mall. Setelah tanya2, ternyata disitu adanya tourist service yg tdk menyediakan jasa tur, tp menurut keterangan si mbak yg njaga disitu, gue bisa menemukan travel agent di stasiun BTS yg emang letaknya nempel ama Emporium Mall, jadi gue mesti balik lagi.

Alhamdulillah emang ada satu2nya travel agent di stasiun BTS itu, tapii... o... o.... ada tulisan apa tu dikacanya? "will be back in 20 minutes". Gak papa deh gue nunggu, gue lega berhasil nemuin travel agent, dan gue "pasien" terakhir tu travel agent sebelum dia tutup. O iya, gue harus bayar 1000 Baht utk trip ke Ayutthaya besok, tripnya seharian, dan modelnya mereka jemput ke penginepan kita. Tapi dodolnya, gue lupa ngambil kartu nama si Big John's Hostel itu, alamatnya gue gak tau, jadilah gue bsk gak bs dijemput di hostel, dan harus standby di Emporium suite jam 6 pagi, yuukkk...
Eh kalo gue tersesat gmn ya? gak tau nama hostelnya apaan, mo nanya orang juga gak bisa krn gak jelas, bisa2 gue pulang jalan kaki. Duuhh gila banget deh.

Gue kembali ke hostel dengan naek BTS trus lanjut jalan kaki, dan baru 'ngeh' kalo ternyata tadi gue jalan jauuhh banget, dan lewat jalan yg gelap segala, ya ampunn. Dan yang bikin patah hati, ternyata bbrp ratus meter sebelum hostel gue tu emang ada travel agent, udah tutup memang, kok gue bisa gak liat yaa?? nasib... nasib... nasib...

Nyampe hostel gue langsung solat trus dilanjutkan dengan acara nyuci baju... yeahh :D. Gue sempat memandangi toilet milik bersama itu 'ini yang gue dapet skrg, enak gak enak harus gue bikin nyaman. Gue akan menjadikan toilet itu milik gue (halah...)', dan ternyata pepatah itu berhasil :).

Malem itu gue sempet merenungi perbuatan gue seharian itu, nyesel dan takut karena pergi sendirian. Tp untungnya gue gak bener2 sendiri sih, karena malem itu dapet sms dari temen2 yang mo brangkat ke Ujung Genteng, dan sms dari kakak angkat (hehehe). Makasih ya semuanya, apapun isi sms-nya, benar2 menghibur dan bikin lupa kalo gue sendirian :).

Catatan si Rey:
Maap minim foto. Maklum deh... harus berjuang sendiri di negri orang, mana kepikiran motret. Sebenernya ada sihh... cuman pada gak bagus (itu aja yg dipejeng gak bagus) :)

13 comments:

d3vy said...

at least lo selamat ngga kurang suatu apa.. yeah sometimes, pengalaman itu mahal harganya...


*alaaagh gw ngomong apa sih*
still bromo-lag :p

Manda La Mendol said...

Aku itu jan hueraaan. Badanmu kecil gitu kok ya kuat mbawa "gajah" 13 kilo. Jamune opo to Rey ? kok Greng gitu

primaningrum said...

waaaa... soal antrian di AA mah jangan ditanya lagi deh Rey. gak rute kemana aja judulnya panjaaaaaaaaaaang, makasih!! xixixixi...

Anonymous said...

wah.. seru ceritanya..
pasti banyak yg blom diceritain nih..
berhubung masih penasaran ma cerita lo.. gimana klo lo ceritanya sambil kita makan siang, terus makan malam terus sarapan di hostel....

*itumah cerita seharian semalaman berduaan namanya.. *maunya lo mboo..
huahahaha

Anonymous said...

@devy : iya bener dev, akhirnya hari2 itu berlalu dan gue disini lagi, ngumpulin duit lagi sambil merancang trip selanjutnya (halah... kebiasaan).

@jago makan : jamunya jamu gendong mbak... ya itu, nggendong "gajah" 13 kilo, hehe :D

@primaningrum : tp aku alhamdulillah ngantrinya pas brangkat itu aja mbak, selebihnya ndak ngantri2 amat :)

@aman J: halah... halah... usaha terusss... Btw lo kalo komen jgn pake ID ini napa? gue aja geli bacanya :D

Cempluk Story said...

foto pembuka nya ya foto mbak rey di KL dan thailand aja mbak..mana foto yang laen juga ?? oleh2 buat cempluk, ada gak ?? hehehe

marhaban ya ramadhan

[H][A][R][R][I][S] said...

Rey.....

Gile lo. Ke Bangkok ga ajak2. Gw pengen ke pattaya. hehehehehe......

Cewek2 di sono bohay2 kan?? tapi lo ga usah minder gitu donk. hahahahahaahahha.....

-ndutyke said...

berani ya...jalan-jalan ke LN sendiri. at least ke bangkoknya sendiri..

saya? ke jakarta sendiri aja udah gemeteran.

Iman Brotoseno said...

oleh olehnya ????

Nieke,, said...

Waktu aku mau ke Bangkok, aku juga ditawari tiket perjalanan melalui jalan Udara..
kayanya lebih enak kalo lewat jalan darat..
memang cape', soalnya bakalan nginep 2 malem dijalan.. tp seneng, soalnya selama perjalanan adaaa aja yg bisa dilihat..
dari Riau aku ke Malaysia dulu baru di teruskan ke Bangkok..
begitu pula pas pulang..

Asik deh, mbak..
skali2 coba jalan darat sensasinya beda..
tp kalo aku dari Riau, sih..
kalo dari Jakarta gak tau deh bisa nyampe brapa lama..
wahaaa... gak kebayang juga.. :D

Btw, ditawarin Banci2 Show gitu gak, mbak..?
Papaku ditawari lho..
gilakkk..
bancinya cakep2..! xD

Anonymous said...

ini anak kayaknya petualang juga deh..:-)

gw malah belum pernah melakukan tour ke negara2 tetangga kyk kmu..:-(

Anonymous said...

first, lam kenal yah... ^_^

wow, asik banget nih traveling nya... thailand memang eksotis ya

Eka said...

re-y .... hayuuuu update dunk .... kangen crita serunya neh ..

Eka
http://www.ceritaharihari.blogspot.com