Friday, August 31, 2007

Episode 2 : Thailand, 15 - 17 Aug '07


Kamis, 16 Agustus 2007

Berhubung jam 6 pagi gue mesti udah standby di Emporium Suite untuk dijemput pihak travel agent, maka jam 1/2 5 gue dah bangun, mandi, subuhan (walopun gue gak tau waktu subuh jam brp, hehehe) trus tiduran lagi bentar (halah...). Jam 1/2 6 liwat 5 gue brangkat, takut telat. Kalo sampe gue ditinggal, wahhh... bisa nangis meraung2 deh. Kali ini gue terpaksa naek taxi, soalnya BTS paling pagi baru beroperasi jam 6. Alhamdulillah nyari taxi-nya gampang, pake argo pula. Dari hostel gue ampe Emporium Suite gue cuman bayar 40 Baht (padahal di argo terteranya 41 Baht. Kalo dirupiahin kira2 12.000 deh).

Jam 6 lewat 3 menit gue dijemput pihak travel agent di Emporium Suite (kesannya gue nginep disitu, hehe), dan ternyata abis itu mesti njemput turis2 yang laen di hotelnya masing2 (cuman gue doang yg dijemput di hotel orang, hiks). Hasilnya... baru bener2 keluar Bangkok menuju Ayutthaya tu jam 9-an deh, sementara gue udah siap dari jam 6 pagi, belom sarapan pula.

Peserta yang ikut tur ke Ayutthaya hadi itu ada 9 orang, dengan 1 guide dan 1 supir. Total 11 orang dalem mini bus, dari 6 negara, menarik kan... Yang dijemput paling lelet tu 3 orang cewek Italy, nunggunya ampe 30 menit kali, duhhh lama deh... dan kayaknya malemnya abis mabok pa gimana, soalnya yang 1 maunya duduk depan, takut muntah (baru tau gue, ternyata bule bisa mabok darat juga yee). Peserta paling sepuh adalah pasangan suami-istri India, yang menurut gue bahasa Inggris-nya paling jelas diantara yang lain. Peserta selanjutnya adalah 2 cewek Korea. Dan peserta terakhir...... tentu saja, sapa lagi.... sudah bisa ditebak lah pasti, tidak lain dan tidak bukan.... 1 orang cewek Jepang. Kayaknya hidup gak meriah yaa tanpa kehadiran Jepun, wakakakakakk. Coba ya... gue udah jauh2 ke Thailand, masih ada aja yang manggil gue Rey-san, huahahahaha... pas ngeliat tu cewek msk mobil, gue udah curiga aja tu dia Jepun, ehhh gak taunya bener, lgs deh gue ngakak dalam hati, huahahahaha.... ya nasib... ya nasib...

Ayutthaya tu letaknya gak jauh dari Bangkok, kira2 1 jam udah nyampe Ayutthaya, dan ternyata di daerah ini emang banyak bangunan2 tua dan muda berupa stupa2, pagoda2, istana, dll. Rencananya kami akan mengunjungi 5 tempat : Bang Pa In palace, Wat Yai Chaiya Mongkol, Wat Mongkol Bephit, Wat Phra Si San Phet, dan terakhir Wat Mahathat.

Tempat pertama yg dikunjungi adalah Bang Pa In palace. Ini ceritanya kompleks istana musim panas raja Thailand, yg isinya berbagai bangunan bersejarah dengan berbagai tema; gaya kolonial, gaya belanda, gaya eropa, gaya melayu, gaya thailand, gaya oriental (ehemm...), dan lain2. Gue juga gak tau semua ada berapa istana dan berapa luas areal kompleks istana itu. Karena waktu yang sempit, penjelasan oleh guide sambil lalu (baca: cepet aja), mana bhs inggris logat thailand tu susah dicerna. Dia ngomongnya skrg, 5 menit kemudian gue baru mudeng apa yg dia omongin, itu pun gak semua. Udah gitu ngasih waktunya gak kira2, cuman 30 menit untuk ngiterin kompleks Bang Pa In yg panjangnya kira2 dari BEJ ampe ratu plaza. Dan waktu 30 menit ini adalah waktu terbanyak yg dikasih buat muter2.

Di objek wisata lainnya makin parah, cuman dikasih waktu 10 - 20 menit, gubrakk! mo motret apaan dlm jangka waktu segitu? Akhirnya gue hajar bleh. Kalo biasanya gue suka motret gak pake mata (tanpa dibidik maksudnya, ciee...), kali ini gue gak pake mikir. Sedih deh gue, tapi dari situ gue jadi belajar 'harus bisa motret dlm kondisi apapun' (taelahh...). Pepatah siapakah itu? gak tau... gue ngarang sendiri, hehe. Pokoknya kondisi seperti itu yg gue dapet, terserah gimana caranya harus gue bikin enak :). Tapi masih rada sebel juga sih... gak dapet banyak info dari objek2 wisata yg gue kunjungi.



Ini nih beberapa hasil foto yang terbirit2 itu...


Yahhh begitulah trip terbirit2 gue, dan acara berakhir jam 3 sore, langsung balik lagi ke Bangkok, dan ternyata kami diturunin di sebuah tempat yg memproduksi dan menjual perhiasan dari batu2an gitu, berlian segala. Ya elahh... model kyk gue ditawarin, mana ada duit? Ternyata semua turis yg abis tur emang pulangnya didrop kesitu, dan langsung ntar dideketin ama marketingnya, begitu jg dengan gue. Gak nyangka ya gue yg kumel gini msh "di-pedekate-in" buat beli perhiasan. Nahh disini ada kejadian menarik, pas lagi ngobrol2 ma marketingnya, tu ibu nanya "are you a student? you look so young" (hihihihii...) "no, i'm working", trus dia nanya lagi "how long have you been working?" (mgkn dikiranya gue baru lulus), "almost 6 years", "oohh it's a long time, but you look so young" hehehehe... gue tampak muda, ciee... Hmmm gue rasa bukannya imut, tapi keliatan culun kali yee... hehehe :D.

Gue keluar toko itu dengan tangan hampa, krn emang gak niat belanja juga, mahal bo'. Sesudah itu gue naek mini bus laen yg mengantarkan gue kembali ke Emporium. Gue cuman bedua ama cowok bule (aiihhh...), tapi gak ngaruh sih... lha wong pada diem aja, ditambah lagi jalanannya muacet banget, Bangkok gitu lohh... dan mo lewat jalan tikus, jalan alternatip juga gak ngaruh, macet dimana2. Kayaknya masih mending Jakarta deh macetnya (halah...).

Dari Emporium gue langsung naek BTS trus nyambung subway menuju Suan Lum Night Bazaar. Suan Lum ini adalah pasar malam yg tentu saja bukanya tiap malem, dari jam 1/2 6 sampe jam 12 malem. Jatohnya bisa lebih murah, asal bisa nawar. Tapi kalo dibandingin ama pasar wikennya Bangkok, apa namanya? Chatuchak? masih kalah murah.

Inilah satu2nya kesempatan gue berbelanja, tapi yg ada gue bingung... soalnya gak ada yg bisa gue mintain pendapat mending beli yg mana, hiks... nasibku yg pergi sendiri, labil deh gue pokoknya, kayak keilangan sebelah sayap (halah...). Udah gitu, perasaan baru belanja dikit tp kok tentengan gue dah banyak, mana Suan Lum Night Bazaar tu tempatnya luas banget, sampe gue nyasar2 segala. Sebenernya banyak lah yg gue taksir disana, cuman gue dah pusing saking sejauh kaki melangkah, pasti lah gue liat kios mulu.

Jam 9 malem gue mutusin udahan. Tapi saat menuju jalan pulang gue tergoda untuk nyobain Thai massage, sempat bimbang dan ragu, dan aahhh... apa daya pertahanan gue goyah, akhirnya gue pijetan duluu... asiikkk... :D. Waahhh setelah pijetan ini semangat hidup gue kembali bangkit, walopun pulangnya gue mesti jalan kaki 2 kilometer ditengah keremangan malam. Dan pas jalan kaki pulang itu gue baru inget, di pengkolan sebelum guest house tempat gue nginep ada tempat pijet, lebih murah pula, huaaahhhh... geblek... nasib... nasib...

Gue nyampe guest house sekitar jam 1/2 11-an deh, dan pas jalan menuju kamar, diliatin bule2 yang lagi online, ngeliatnya yg takjub gitu, mgkn belom pernah liat cewek asia pake jilbab dan kumel banget kali yee... :). Biar kata badan capek tp gue masih niat keramas ama nyuci dikit (ya elahh gak penting bgt deh kayaknya). Haduhh gue tepar banget, untung sempet dipijit, jadi lumayan, gak capek2 amat. Besok siang gue brangkat ke KL en ngumpul lagi ma Hanny, Cory en Winda. Yeahh... gue akan punya temen, dan gue akan berbahasa endonesa lagi, hehehe.

Jumat, 17 Agustus 2007

Merdekaa...!! Gue ketinggalan momen pengibaran dan penurunan bendera pusaka nih (halahh...). Akhirnya gue meninggalkan Thailand juga. Hmmm... sebenernya gue suka Bangkok, kotanya bersih, biar macet tp teratur, dan banyak bis yg double decker yg bagus2 (maklum... jiwa angkot, yg diperatiin bis mulu). Sayang waktu gue sedikit banget, jadi gak sempet menikmati Bangkok banget. Dan bagi gue perjalanan ini berhasil lah... secara gue jalannya sendirian gitu lohh... tanpa buku panduan pula. Alhamdulillah banget gue selamet, gue dapet banyak kemudahan, bahkan untuk sholat sekalipun.

Temen kantor gue yg tau gue pergi sendiri ke Bangkok udah ngewanti2, kalo di Bangkok gak usah naek sky train (BTS) ato MRT-nya (subway), soalnya susah dan bikin nyasar, gak kayak di S'pore, mending naek taxi ato tuktuk, mahal dikit tapi selamet. Tapi Alhamdulillah lho gue justru kemana2 naek BTS ama subway, dan gak nyasar, nyari taxi-pun gampang, supirnya selalu pake argo dan gak nepu.

Kayaknya semuanya udah diatur yaa... Gue kenalan ama jeng Kathleen yg akhirnya membawa gue ke hostel antah berantah di ujung berung, tp justru disitu gak macet2 amat dan gampang, walopun rate kamarnya rada mahal, cuman gak boros diongkos. Sempet rada nyasar waktu cari travel agent, sehingga gue 'dipertemukan' dgn mbak2 pegawai bank, kalo gak gitu, gue gak akan tau letak BTS dimana, yg mana ternyata justru membantu gue di hari selanjutnya.

Menurut gue perjalanan ini menarik dan penuh keajaiban. Satu hal yang menurut gue lucu adalah soal bahasa. Pas gue ke Ayutthaya tu kan ada 11 org dari 6 negara, yang ternyata bahasa Inggrisnya sama kacaunya (kecuali yg bapak2 org India kali yee...). Org Italy berusaha ngobrol ama org Korea, ujung2nya ada kata2 yang gak mudeng, trus pada bengang bengong, liat2an, senyum, trus diem... hehehe... dan ini seringkali terjadi. O iya, ada lagi. Pas makan siang, si bapak India pengen makan nasi pake mentega (apa enaknya?), jadilah dia pesen 'butter' ke pelayan, tapi hasilnya yang dibawain aer lah ('water'), dibawain saos lah, nasi lah... halahh... hahahaha. Gue bantuin njelasin 'butter' sampe monyong2 jg gak ngaruh, malah dibawain aer lagi. Akhirnya tu bapak India ke dapurnya langsung, dan hasilnyaa... emang gak ada, hahahaha :D

Tapi ada 1 hal yang gue sesali, ini salah satu kedodolan gue nih. Ceritanya selama disana tu gue cuman makan roti sobek Sari Roti yang gue bawa dari Jakarta, karena gue gak yakin ama makanan yg dijual di sana, Thailand gitu lohh. Nah... pas gue trip ke Ayutthaya itu, ada sesi makan siang bersama. Meja gue sih udah dipisah dari yang lain, gue se-meja ama pasangan India, ceritanya menunya vegetarian. Gue berusaha meyakinkan banget kalo makanan itu 'aman' buat gue makan, tapi gue kok bisa lupa ya, kalo masaknya kan bisa aja di 1 tempat, hiks hiks hiks... kok gue bisa lupa yaa?? masa' baru ngeh pas di bandara KL, aduhhh geblek banget. Ya Allah maafkan lah aku, karena makan makanan yang 'meragukan', maafkan lah aku karena pergi sendirian (sampe skrg gue masih takut soal dua hal ini, hiks...).

Catatan si Rey:
Maap publishnya lama, soalnya gak sempet2 ngelanjutinnya, mana foto2 gue di Thailand terancam hilang (lagii??) :D.
Sori lho bo' kalo kepanjangan.

6 comments:

Anonymous said...

sebel gue... udah gue atur2 spy fotonya berjejer dua2, eehhh munculnya berderet gitu, sempit sih space-nya. Biarin ahh... gue males ngerubah2 lagi, gak ada waktu bo'...

Anonymous said...

lah, tumben ini fotonya agak banyak :D mungkin kamu memang perlu dikondisikan terbirit birit gitu yah biar bisa moto banyak? hihi :D btw asik2 rey foto terbirit biritmu. aku suka yg cendela.JPG itu, keren. ada flickr?

lanjut, ditunggu bromonya.

Anonymous said...

roti sobek sari roti....
ya.ya...kayaknya yg satu itu lebih menuhin tas daripada baju2 ya...

maksih juga roti sobek-nya pas waktu di bis probolinggo-surabaya ya.. waktu itu lupa bilang makasih ;)

Manda La Mendol said...

Top pokok'e: Di Thailand jalan-jalan sendiri. Fotonya keren Rey, cuma rasanya ada yang kurang kalau nggak nampilin foto makanan.

Anonymous said...

@fahmi : kok elo suka sih foto2 itu? kayaknya biasa banget...

@anton : roti ya Nton? hahaha... waktu di bis itu gue laper bgt tu, tadinya mo mkn sendiri aja, eehhh inget msh ada 2 roti, pas. Tp gue gak nyangka pas ditawarin elo lgs mau gitu, ketauan lapernya... hahahaha, nyesel deh nawarin (haha, nggak deng). Kapan2 makan roti lagi yukk (lho??) hehe...

@jago makan : lha kan aku nyaris gak makan di Thailand mbak... mmmm apa shrsnya sari rotinya ku-foto yaa? sbg saksi kelaparan gue (halah...)

[H][A][R][R][I][S] said...

poto2nya keren euy!!!
apalagi yang kepala budda dililit akar pohon. hhihihihih....