Sunday, May 18, 2014

Dibalik Sebuah Pengunduran Diri

This is my desk for years as an accountant. It was in a less messy condition, usually there are files and papers all over the desk.

I have resigned from that Tokijo Company for almost 2 years ago, it was in the end of 2012 to be exactly. Tipikal aku banget yaa... kejadiannya kapaann... nulisnya kapaann. Ini aja sebenernya baru "ngeh", mendadak teringat betapa dulu itu ketika memutuskan resign harus melalui proses yang panjang dan menggelikan. Bagi yang terbiasa membaca blog saya, pastinya sudah terbiasa pula dengan hidup saya yang aneh dan lucu. Nahh yang ini lucu juga. Dan sebenarnya sangat tidak banyak orang yang tahu cerita ini, karena kebanyakan manusia di kantor saya dulu termasuk dalam 2 golongan; kalo nggak golongan radio desa, ya golongan ember *moga-moga gak ada yang baca*, oh ada lagi deng golongan satu lagi, golongan kepo. So I faced every surprises and absurdity in my life alone, and I kept the story all by myself *kebayang gak sih, kalo ketemu hal yang konyol, ngekek ngekek sendiri, kalo apes, jadi pemain sandiwara, as if nothing happens*. And today, I decided to share this story in my blog, to complete my life story here #aw

Sepulang dari tanah suci akhir 2011 lalu, saya mulai berpikir serius dan mendalam mengenai hidup saya "mo jadi apa ya kalo masih kerja sama Tokijo mulu?! gimana mo dapet jodoh kalo kerja begini terus?! *lha kok ke situ ya?* tapi kalo resign mo ngapain dong?". Mungkin karena waktu itu tekad saya kuat banget, saya dipertemukan aja tuh dengan jalan yang dapat saya tempuh kalo saya resign nanti. Dan saking udah gak tahan banget, saya memutuskan akhir Februari 2012 saya resign, berarti saya harus submit surat pengunduran diri akhir Januari, fine!

Tapi apa yang saya lakukan??!! Saya mendadak urung. Saya mendadak iba dengan Tokijo dengan beberapa rakyatnya yang telah menyiksa saya bertahun-tahun itu. Jadi... setiap Juni kantor saya closing tahunan, dan yang paling mengerti accounting system luar dalam, ya cuma saya #ehem. Dan saya kasihan. Saya mengalah. Saya putuskan sebulan sebelum laporan tahunan selesai, saya cabut. Dan saya akan meninggalkan mereka dalam kekalutan, huahaha... ternyata saya masih penjahat. Oke, berarti rencananya mundur ya, akhir Mei resign, akhir April submit surat pengunduran diri. Dan niat jahat ini pun kusimpan sendiri sambil mesam mesem.

Akhir February saya menerima sebuah email pengunduran diri dari seorang IT consultant yang hubungannya udah baik banget dan kerja sama ama dia tu enak banget, dan biasanya kalo closing tahunan saya banyak berhubungan dengan si IT consultant ini. Jadi waktu terima email itu cukup membuat bengong yang agak lama "lha yang mo resign kan gue, kenapa jadinya gue yang ditinggal?? Ntar gue ama sapa dong pas closing?". Sebenernya beritanya cukup membuat hati saya tercabik-cabik dan syok banget, karena keduluan resign, tapi kalo reaksinya terlalu lebay di muka umum, pasti yang lain akan curiga, jadi saya berubah menjadi pemain sandiwara, pura-pura cool dan kalem.

Bulan Maret, Tokijo Korporesyen berniat untuk ikut pameran infrastruktur di bulan Mei, dan mereka butuh beberapa rakyat untuk dijadikan committee. Biasanya rekan saya se-divisi yang selalu dijadikan salah satu committee, tapi kali ini dia menolak permintaan juragan untuk dijadikan committee. Dan akhirnya juragan mendapuk saya untuk menjadi salah satu committee, yay...! Saya seneng banget, lumayan lah ada mainan baru ngurusin pameran, jadi gak monoton sama kerjaan yang itu itu aja, yang dikerjain sambil merem juga bisa #tsah. Berarti pas ya, setelah pameran saya resign.

Sekitar bulan April juragan memanggil saya in private *wow...*. Hati saya sempat deg deg plas memikirkan "hhmmm kira-kira kejahatan mana ya yang terendus oleh juragan?" gak kepikiran apa-apa, "kalo gitu kira2 dosa apa yang telah gue perbuat?" gak kepikiran apa-apa juga. Oalah... ternyata juragan berniat untuk mempromosikan saya, yaelahh kirain apa >>> sungguh belagu banget. Wajah juragan berbinar-binar ketika itu, sementara wajah saya kalem bin lempeng kayak kurang darah, gak bernapsu sama sekali. Akhir April kan seharusnya saya submit surat resign, lha kok ini malah mo dipromosi?! Jujur aja ya, waktu itu saya udah gak peduli ama promosi, bahkan bonus. Itu saking udah gak tahannya tuh. Tapi lagi lagi... ternyata saya masih berhati malaikat, masih kasian sama juragan yang semangat banget mau promosiin saya. Lagipula kalo resign akhir Juni lumayan lah, dapet bonus #eeaaa.

Rencana kayaknya udah rapih banget nih, pertengahan Mei pameran, trus abis itu cuti ke S'pore, akhir Juni resign, cakep...! super cakep...! Tapi ada yang terjadi??! Pada suatu malam, 2 minggu menjelang pameran, sepucuk email dari penyelenggara datang, setelah nulis ngalor ngidul, intinya mereka bilang: THE EXHIBITION WILL BE POSTPONED UNTIL UNDETERMINED PERIOD OF TIME. Alamaaakkk...! Bak tersambar petir di malam hari. Adakah dalam sejarah, sebuah pameran besar yang melibatkan perusahaan2 besar dan instansi pemerintah diundur secara tiba-tiba tanpa alasan yang jelas, dan dalam tempo yang tidak ditentukan?! Tentu tidak...! Ini pasti karena saya yang ngurus pameran, pokoknya kalo ada saya, segala hal yang ajaib bisa saja terjadi #hiks. Kalo tidak percaya, buktikan saja, hahaha. Dan itu saking syoknya, emailnya saya baca berulang-ulang sampe besoknya juga, bahkan sampe acara stalking ke venue segala demi mendapatkan sebuah alasan "why?", ah kurang kerjaan banget lah.

Lemes... Mo resign aja kok drama banget gini ya, udah kayak bikin sinetron. Tapi ya udah lah mo diapain lagi. Saya gak mikirin pameran, mo pameran kapan pun terserah, saya mo resign duluan. Sebagai tanda permintaan maaf penyelenggara kepada peserta pameran, mereka memberikan tiket gratis. Jadilah awal Juni saya malah nonton konser NKOTB dan BSB. Ini kenapa jadi ada acara nonton konser segala gini...?!

Okeh, niat awal harus tetap terlaksana. Bikin rencana ulaang...! Semangaaatt...! Jadi gini, saya perkirakan semua pekerjaan saya selesai akhir Juni, awal Juli akan ada pengumuman promosi secara official, dan saya akan menerimanya dengan pasrah, biar juragan saya bangga juga pada akhirnya mempromosikan rakyat jelatanya, yang mana seharusnya dilakukan beberapa tahun lalu. Tapi setelah itu saya akan kasih kejutan untuk juragan dengan mengajukan surat resign...! huahaha... ternyata saya masih penjahat. Jadi kira-kira awal Agustus saya resign, trus saya pergi umroh Ramadhan deh... Sungguh sebuah rencana yang indah dan ciamik sekali, bukan? Hehehe...

Demi menuntaskan pekerjaan saya tepat waktu, saya rela lembur di hari Sabtu *karena bayarannya juga gede sih #ehem*. Hari Senin-nya menjadi hari yang lebih ringan bagi saya, selangkah lagi mengajukan surat resign, yay! Tapi malam harinya, pada tanggal 25 Juni 2012 itu, sekitar pukul 21.15 sebuah motor ugal-ugalan menerjang ojeg yang saya tumpangi tanpa ampun, tepat pada sisi saya duduk. Tubuh saya terpental dan menghantam aspal dengan suksesnya. Saya kecelakaan, cidera kepala *untung bukan cidera janji* titik. Tenang aja, bapak ojegnya gak papa, saya doang yang benjut. Cerita lengkap tentang kecelakaan sepertinya diceritakan secara terpisah saja, soalnya ketika saya ceritakan hal ini ke orang lain, mereka antara iba tapi ketawa, entah salah di mananya cerita saya.

Niat resign, pameran diundur, nonton konser gratis, dipromosi, kecelakaan, umroh Ramadhan... Maap ya, sepertinya hidup saya jauh lebih keren dan ciamik dibandingkan sinetron. Setelah kecelakaan saya tetap melaksanakan niat saya untuk pergi umroh Ramadhan, dengan pertimbangan, kalo saya mati gimana? mendingan mati di sana kan? Dan saya juga masih keukeuh... udah lah mungkin September aja kali ya resignnya. Oiya, pamerannya akhirnya diadakan akhir Agustus, tepat setelah saya pulang umroh, pas banget ya.

Sepulang umroh saya malah jadi lebih tenang dan adem ayem, gak napsu resign lagi *hmm... apakah aku telah menjadi separuh malaikat? hehehe*. Sampai ada yang nyalip saya resign di tahun itu 2 orang, dan saya tetap kalem. Sampai-sampai saya harus membangkitkan lagi semangat untuk resign, menanti-nanti siksaan dari kanan kiri yang dapat membangkitkan semangat itu, kembali menjalani solat hajat, istikhoroh dan doa dengan sungguh-sungguh.

Sampai akhirnya akhir November 2012, dengan biasa-biasa saja tapi agak deg-degan, saya submit surat resign ke juragan. Iya, kali ini beneran, tanpa rasa terharu atau sedih. Juragan pun memanggil saya in private untuk membicarakan hal tersebut.

Di dalam ruangan itu, juragan mengaku syok atas pengunduran diri saya, dia tanya macam-macam, saya cengengesan aja tapi tetap cool, sampe akhirnya dia bertanya "Rey-san, do you have something to say?" waduh apa ya? saya tidak mempersiapkan kata-kata apapun, mana saya tidak pandai berkata-kata, dan akhirnya kata-kata yang keluar dari mulut saya adalah... "I wanna cry", sambil cengengesan, lha kenapa itu? padahal nggak mau cry lho... Dan tanpa diduga juragan menjawab "me too", mendengar jawaban seperti itu saya kok malah pengen nangis beneran? akhirnya saya berkata-kata, dan tanpa disadari lama-lama suara saya tercekat dan mata saya berkaca-kaca *tercekat ki piye sih?*, demikian pula juragan. Yak sodara-sodara... itulah adegan paling romantis antara saya dan juragan, berduaan di dalam ruangan, sambil menahan tangis, dan adegan berakhir setelah saya mengelap air mata dengan jilbab. Soalnya masa' keluar ruangan berdua trus pada bertangis-tangisan?! kesannya abis diapaiiin gitu di dalem.

Oiya, ada kejadian yang lucu lagi. Tokijo Korporesyen itu punya acara rutin merayakan pesta tahun baru yang dirayakan setiap akhir tahun *bingung gak sih lo?*, namanya Bonenkai party, dan lagi lagi saya menjadi committee *banci committee banget yaa*. Nahh setiap acara party kayak gitu tuh selalu diakhiri dengan undian doorprize, hadiahnya mulai dari voucher makan di hotel, voucher menginap di hotel, sampe hadiah yang paling cakep adalah tiket pesawat Jkt-Dps-Jkt by Garuda Indonesia for 2 persons. Coba tebak sapa yang dapet grand prize-nya? yup... saya yang dapet grand prize-nya, secara alamiah dan tanpa rekayasa, huahahaha... sesungguhnya saya termasuk hamba yang beruntung. Dan sebenarnya pula, itu bukan kali pertama saya dapat grand prize, udah beberapa kali lho... #uhuk #alhamdulillah

Yak demikianlah sodara-sodara kisah resign yang panjang, aneh dan penuh drama ini, akhirnya berakhir di 2012. Dan di minggu terakhir saya bekerja sang juragan jatuh sakit sampe gak ngantor seminggu. Bukaann... bukan karena sedih berat ditinggal saya, masalahnya akhir tahun tuh juragan cuti, mo liburan, daripada pas liburan gak enjoy karena sakit, lebih baik istirahat di rumah kaaan.

Ketika saya melihat kembali perjalanan saya di tahun 2012 itu, sungguh... penuh dengan drama, sandiwara, banyak hal yang menyakitkan hati, banyak nahan sabar, banyak konyolnya juga, dan sebenarnya banyak hal-hal kecil yang tidak saya ceritakan di sini. Sempat berpikir juga, sebenarnya apa sih hikmah di balik semua ini? Terkadang, kita memang harus menunggu, semua sudah diatur oleh Allah, kita tinggal menjalani saja apa skenarionya. Beruntung, skenario yang ditulis untuk saya demikian lucu dan ajaib, dan percayalah, semua akan indah pada waktunya. Begitu juga dengan kasus saya, karena semua rapelan urusan kenaikan gaji baru dibayarkan oleh Tokijo korporesyen pada bulan November, dan sebagai penutup yang manis saya dapat grand prize. Trus yang lainnya apa ya? Saya merasakan pengalaman hidup yang keren banget sih, apalagi pas bagian kecelakaan dan umroh lailatul qadr di bulan Ramadhan, luar biasa. Gak ada hidup yang seperti hidup saya lah, hehehe.

Dan kadangkala, saya merindukan kehidupan ajaib seperti di tahun 2012 ini :D

7 comments:

warm said...

cerita hidupmu itu menarik, tp penuh berkah, kerne lah pokoknya:)

dan ah tak perlu lah ngeh siapa saya, pokoknya saya suka berkeliaran mencari2 blog orang2 yg ditulis dg jujur dan asik utk dinikmati, itu aja.
kalo pas lagi iseng ya skalian ninggalin jejak, kyk disini hehe

warm said...

tapi ah iya, so loong time ago, empunya blog ini pernah nyasar ke blog aku yg lama kok, dulu masih di warmorning.wordpress.com hehe

d3vy said...

Gw speechless bacanya... *merembes mili*

Rey said...

@warm: tengkyu tengkyu sudah mampir dan meninggalkan jejak. Aku ingetnya warmorning pas di plurk :)

@d3vy: dev, mbrebes mili kali dev...

Manda La Mendol said...

Rey..dramatis, ck..ck...kayak sinetron jeee.

Pas ketabrak ojek itu bukannya pas aku ke jakarta? iya bener..elo ngaku ketabrak, dan di RS. Oh My God, kalau difilmkan, pasti ada scene bagian itu...wkwkwkwwk

Rey..dirimu emank baik hati, ngga heran juragan berat melepasmu. hikmahnya apa rey?? tambah wenak jalan jalan ya....

Eh trus trus... soal jodoh. iki sing seru... gimeno gimeno.salam kangen, dari aku, yoga dan malae

Manda La Mendol said...

aku sudah ngetik panjang..trus hang. nangis histeris.

Rey..bukannya, pas loe kecelakaan itu aku di jakarta? aku telpon dan loe balas lagi di RS.

tapi loe emang baik hati rey, makanya juragan tak mau melepasmu. balik lagi pun kayaknya kamu akan diterima dengan gaji berlipat.

kisahmu dramatis rey...cucok buat sinetron, aku berharap dapat peran yang golongan ember... wakakakakaka

Rey said...

@mbak Manda: pertama-tama, aku merindukan komentarmu. Pas kecelakaan ato sblm kecelakaan aku sempat memikirkanmu mbak, tenan... kadang2 aku bisa telepati memang *ngaku-ngaku*, eh gak taunya bener kan nelpon aku.
Soal jodoh, ya semoga saja segera mbak, amiin :D
Aku udah lama gak jalan-jalan mbak... sekarang pengen jalan-jalan lagi, tapi yang gratis gitu... :D