Thursday, April 03, 2008

Menuju Toraja, 19 - 25 Mar '08 (1)

Toraja apa Padang?? hehe...


Sudah lama rasanya gue nggak mendongeng catatan perjalanan yang bisa membuat pembaca tertidur saking panjangnya. Sudah cukup lama juga gak backpacking-an bareng teman2, terakhir tu Agustus yaa… wihh lama banget. Sebenernya setelah itu banyak tawaran manggung, eh ngelayap, cuman apa daya harus gue tampik, demi perjalanan yang satu ini, yang pastinya bakalan menguras kantong, bahkan ada yang ngajakin nonton Java Jazz aja gue tolak, bukan apa2… bayar sendiri...! mahal bo’…! Gara2 trip ini gue mendadak jadi pelit.

Kali ini perginya rada jauh, nyebrang pulau, rencananya juga dari taun lalu bareng si Wiwied (kalo nyimak catper gue yang dulu2, pasti tau lah sosok Wiwied ini). Kami mo ke Sulawesi Selatan, dengan salah satu fokus: Tator. Whooaaa… bisa dibilang Tator adalah salah satu tempat yang ingin gue kunjungi sejak gue SMP. Dari dulu gue selalu terkesima kalo liat acara di tipi yang menyajikan tayangan budaya Tator. Ngeliat mereka kayaknya aneh gitu, lain daripada yang sama, masa’ orang gak dikubur ditanah, tapi digantung di tebing, dan gue ngeliat budaya Tator seperti apa ya?? aneh lah… bukan aneh secara negatif, tapi aneh yang membuat gue terkesima, (sekali lagi) lain daripada yang sama. Bagi gue Tator menyimpan banyak misteri.

Mungkin krn kami akan mengunjungi negri yang aneh, persiapannya gue rasakan aneh juga, tp penuh keajaiban. Cuman tiket doang yg beres dibuking jauh2 hari, yg lainnya..... ancur minah, gue juga sempet lepas tangan gak mo mikirin, tp alhamdulillah ajaibnya seminggu sblm brangkat semua info yg sulit gue korek selama ini tumplek blek tiba2 kebuka semua, ada yang ngasih info ini itu, makasih banyak ya semuanya... gak sia2 deh aksi pedekate gue :D

Peserta kali ini cuma berempat (Dian, Wiwied, Rina (baru pertama kali backpacking) dan gue), dengan pertimbangan kalo naek angkot bisa keangkut sekaligus, kalo banyak2 kan refot. Kami brangkat hari Rabu, 19 Maret 2008 dari Jakarta dengan Batavia Air jam 13.45 dan ternyata delay ampir 2 jam. Otomatis nyampenya mulur juga dong… yang tadinya jam 5 sore jadi jam 7 malem. Pokoknya hari itu gue berasa tua banget deh… waktu jadi cepat berlalu, maklum… waktu Makassar juga lebih cepat 1 jam tho? Perasaan hari itu gak ngapa2in, cuman tidur doang di pesawat, tiba2 hari udah gelap :( . "Tiap gue liat, kalian bedua (gue ama Dian) kok tidur mulu ya? pas pesawat goyang2 juga kalian tetep tidur??!" kan critanya nyimpen tenaga buat di Tator Wied... (yailahh ngeles...).


Gak perlu nebak2 gue yg mana, gue yg motret :)

Yihaaa...!! akhirnya sampe juga di Makassar (dan bukan Jogja...!). Hhmmm tapi gak berasa apa2 tuh... gue mulai menekankan dalam hati ’ini Sulawesi lho... dah nyebrang’. Tanpa buang2 waktu kami langsung naek taxi ke terminal, tadinya seh maunya ke pool bus Liman di Jl. Urip Sumoharjo, tp ditengah jalan pak supirnya bilang mending ke terminal, soalnya macet. Yahhh... padahal gue udah terlanjur bayar 76 rebu di bandara, tau gitu kan cuman bayar 68 rebu. Jadi begini sodara2, kalo kita naek taxi dari bandara Hassanudin Makassar itu, taxi-nya gak pake argo, tapi ditarifin secara resmi, ada zona 1, 2 dan 3. Terminal bis itu msk zona 1 (mungkin...), krn gak terlalu jauh dari bandara, tapi Jl. Urip tu udah masuk zona 2 yang lbh jauh. Zona 1 tarifnya Rp. 68.000, zona 2 tarifnya Rp. 76.000 dan zona 3 Rp. 100.000 (kalo gak salah).

Ok... sutralah masalah tarif, yang penting pas nyampe terminal kami langsung diserbu kuli2 panggul yang tentu saja penampilannya lebih ganas daripada calo di terminal pulo gadung, tho? Tapi keliatannya doang ganas, kalo kita menolak mereka langsung ngerti dan gak ngotot kayak di terminal pulo gadung. O iya... masuk terminalnya dikenakan biaya retribusi Rp 500, sama kayak di pulo gadung nih...

Untung sebelumnya kami udah buking tiket bis untuk ke Tator, kalo nggak... wahhh bakalan nyewa mobil, soalnya waktu itu kan libur panjang, jadi bis tu pada penuh semua, itu pun bukingnya udah kritis banget, kami dapet 4 tempat duduk dibelakang, dan ternyata itu smoking room, hiksss... gue udah kebayang bakalan sesek napas dan kepesingan, krn pastilah juga dia disebelah toilet bis tho? Tapi ternyata oh ternyata... bis ke Tator ndak ada toiletnya, dan ada mbak2 yg tukeran tempat duduk, sehingga gue ma Wiwied bs duduk depanan dikit.

Wiwied dapet partner nenek2 (hehehe emang cocok ma elo Wied, hehehe), gue dapet tetangga mas2 orang Makale yang ehemm manis juga (halahhhh...). O iya, bis kami namanya New Liman, tarifnya 70.000 lbh mahal 5 ribu dibanding agen bis lain, tadinya sempet kepikiran kami dimahalin, tp ternyata nggak, si mas sebelah gue yang manis itu ternyata bayarnya juga 70.000, gak tau deh kenapa si Liman bisa mahalan dikit, apa karena waktu itu peak season, apa emang tarifnya segitu? Agen bis lain setau gue sih harganya tetep 65 rb. O iya, kalo kalian ternyata gak dapet bis dan terpaksa nyewa mobil, tarifnya Rp. 900.000, di-drop sampe Rantepao, Tator.

Kalo gak dapet tempat duduk di smoking room, secara keseluruhan bis Liman gue rekomendasikan sebagai bis yang enak utk ditumpangi ke Tator. Dan naik bis ke Tator pun lebih menyenangkan dibanding naek bis antar Propinsi di pulau Jawa, gak kebut2an, dan jalan rayanya tidak selebar jalan raya di Jawa, pas untuk dilewati 2 bis. Yang sedikit laen, bis ini brenti mulu, mungkin karena gak ada toilet-nya tadi kali yaa... jadi sering brenti, dan kami gak dikasih makan. Jadi kalo brenti, mo jajan silahkan... mo numpang pipis juga silahkan, brentinya paling lama +/- 15 menit lah... Perjalanan Makassar - Rantepao, Tator sendiri memakan waktu +/- 8 jam.

Yang lucu nih, penumpang bisa request turun sampe tempat tujuannya masing2, asal jalannya gak terlalu jauh dari jalur utama. Seperti misalnya mas2 disebelah gue, dia minta diturunin di terminal Makale. Sebenernya sih bis-nya gak lewat situ, cuman demi tu lelaki seorang, bisnya bersedia lho mampir terminal cuman buat nurunin 1 penumpang trus atret puter balik lagi, hehehe. Dan yang lucunya lagi, kalo misalnya mo turun, penumpang cukup tepuk tangan aja, ntar bisnya brenti, misalnya nih... "Perwakilan...!!" (sambil tepuk tangan), ato tepuk tangan sambil bilang "kiri... kiri...!!". Nahh... kami turun dimana? kami turun persis didepan wisma yang akan kami tumpangi eh sewa. Tadinya kami mo turun di perwakilan Liman, tapi menurut mas2 sebelah gue yang manis itu, turun aja langsung di depan Wisma Maria. Eh bener lho, pas gue bilang ke keneknya, bis langsung berbelok dan brentilah di depan Wisma Maria. Aduuhh gue bangga banget, seumur2 belom pernah naek bis ampe dianterin depan rumah.

Kami sampai di Wisma Maria jam 7 pagi (telat 1 jam dari jadwal). Cuman cek-in, mandi, beberes sebentar, makan apa yang bisa dimakan, jam 9 langsung cabut lagi ke Sa'dan Malimbong, kami mo liat Rambu Solo', pesta kematian di masyarakat Toraja. Hmm... kok pesta?? liat aja nanti ya di postingan berikutnya, bakalan gue bahas khusus soal Rambu Solo' ini (itu kalo gue gak males posting yaa...) hehehe :D

Btw balik lagi ke Wisma Maria. Gue rekomen wisma ini kalo kalian kebetulan cari penginepan di Rantepao. Tempatnya bersih, yang penting kamar mandinya bersih lah. Tarifnya (per Maret 2008) Rp. 70.000/kamar. Tadinya kami ambil 2 kamar, tapi begitu liat kamar sebelah pake dobel bed dan lebih luas, kami memutuskan tumplek blek satu kamar aja. Dengan begitu kami dikenakan charge extra bed Rp. 20.000 dan extra kelebihan orang Rp. 20.000/kepala, tapi tetap saja jatuhnya lebih murah daripada ambil 2 kamar, tho?


Kamarnya kayak gini nih...




Kamar mandinya. Bersih tho? Eh itu embernya inisiatip sendiri, aslinya mah gak dikasih ember.



Pemandangan dari luar kamar, tiap pagi liat bukit yg samar2 itu, dan kami menduga mesti isinya mayat semua.




Catatan si Rey:
Makasih buat mas2 Makale yang manis atas segala informasinya, biasalah... gak bisa liat org nganggur dikit, mesti gue tanya2.
Makasih buat sepasang suami istri yang jualan nasi di terminal Daya, Makassar, yang udah banyak kasih info juga.
Makasih buat penjaga mesjid dan bapak2 di mesjid terminal Daya.
Makasih buat supir bis New Liman yang udah nurunin kami persis didepan Wisma Maria, suatu kebanggaan tersendiri lho, hehehe.
Thanks to Remus for the bus company info, it really helped. Wish we could keep in touch :)

Kalo ada yang mo tanya2 soal akomodasi ke Makassar dan Toraja, japri aku aja, silahkan tinggalkan alamat imel, Insya Allah gue bales dan mudah2an bisa bantu :)


19 comments:

Azhar said...

horeeeeeeee pertama...

*blom baca sih sebenarnya lgsg komen*

Anonymous said...

yeee... Azhar ngawur !!! Rey, kapan2 ke Jogja ya ???!!

rizky said...

Saya juga terkesimah lihat pemandanag di Tator keren abizz

Anonymous said...

hohohoho.... ini tho alesyan lo kenap jadi tiba2 pelit... hihihihi....



kapan neh ke papua..??? *winkz*

Anonymous said...

weh kalo kamarnya kayak gitu, 70 ewu. yo murah. bonus ember lagi hahahaha

Manda La Mendol said...

ampyuuun...jadi juga ke Tator. Trus, pulangnya tetep aja nggak bawa cowok cakep. Ck..ck..ck..

Anonymous said...

ok, cerita lanjutannya tak tunggu. kasih foto2 yg banyak pisan ya ;)

Anonymous said...

podo ambek fahmi aku ngenteni lanjutan ceritane ae, br komen....

Anonymous said...

dankee zum dein Besuch mein Blog:D..Backpacker?? gua juga sukaaa...pengen backpacker lagi..keliling Asia selatan..yuukk sapa nyang mau hehe..
TORAJA? pengen juga deh kesana..entah kapan yaa
Ok. Lam kenal yee
-Kinoyumar-

Kristina Dian Safitry said...

lain kali aja gw kesana dong. soal ongkos gw yg nangung deh,he..he..

L. Pralangga said...

Seru euy.. jadi mengingatkan untuk juga menjelajah di kampung halaman.. :)

Anonymous said...

Dah balik belom neh?? mana oleh olehnya :D

Anonymous said...

ada hal unik dari org-2 toraja, mereka akan mengeluarkan uang cukup besar utk sebuah pemakamam

waktu saya kerja, ada yg nyeletuk, 'wah aku belum bayar hutangku nih, 7 juta! buat arwah mamak kemaren, aku beli sapi buat pemakaman, ngutang dulu.' glek!...adat yak...

mana foto tempat mayat-2nya Rey,..??
tp bener diluar wisma aja pemandangannya udah asri ya..

sumaryanto bronto said...

WAH rey...
jalan-jalan terus kayaknya!!!
kok ga ngajak2
hehehe..
ayo donk ke JOGJA!!!
saya siap mengantarkan dirimu kemana saja...
uhuey....

Sri Mulyati said...

Duuuh, jeng yang ini, masih sempat ya berpetualang.

Abis ini kemana lagi niyy?? :-D

Anonymous said...

Asik banget jadi mbak Rey,... jalan2 terus hobinya...

Anonymous said...

ada hantu pocong nggak to?

Monique said...

Thanks untuk artikelnya.. sangat menarik dan membantu.. Apakah masih punya nomor telpon Wisma Maria, Rantepao?
(monique)

Rey said...

@Monique : sori nih responnya rada telat, susah buka blog sih skrg... Btw ini ada bbrp info yg mgkn kamu perlu
- Wisma Maria, Jl. Dr. Ratulangi no. 23, (0423) 21165
- Bintang Prima (bus), (0411) 4772888
- Alam Indah (bus), (0411) 324937

Kalo peak season biasanya bis dari Makassar ke Tator penuh, sebaiknya buking aja dulu. 2 no telp PO bus yg aku kasih itu yg bus-nya bagus2, dan mudah2an smp skrg msh bagus.

Semoga membantu. Selamat jalan2...