Wednesday, November 05, 2008

Semangat

Kadang kita, ehhmmm 'gue' maksudnya, butuh suatu hal yang istimewa untuk membuat kita, ehhmm 'gue' maksudnya, kembali semangat dan berjaya. Dan kadang, hal istimewa itu justru bukan sesuatu yang besar, tapi hanya hal sederhana yang terjadi disekitar kita, ehhmm 'gue' maksudnya. Dan mungkin juga bagi orang lain gak menarik, tapi bagi gue sendiri sih menyenangkan.

Jadi begini ceritanya......

Semalem, selese ngaji dideket kantor sini gue langsung ambil langkah seribu lima ratus dua lima, buru2 pulang, soalnya gue mesti ngejar busway terakhir jam 10. Selama ini sih, alhamdulillah baru sekali gue ketinggalan busway. Dan karena gak mo ketinggalan pula lah, gue rela alih profesi jadi atlit atletik lari jarak pendek dgn medan berkelok dan naik turun.

Waktu sudah menunjukkan pukul 21.54, kurang lebih 15 menit sudah gue nunggu, tapi masih belum ada tanda2 busway dari arah Blok M akan menunjukkan batang hidungnya yang kemerahan. Gue udah dag dig dug aja tuh, soalnya gue mesti transit lagi di Dukuh Atas, dan terakhir adalah jam 22.00 men...! jam 22.00...! Kalo emang gue harus naek taxi dari Dukuh Atas, duuhhh... gak ada uang, bisa2 gue ngorek2 recehan, maklum deh lagi cekak berat. Mbak2 disebelah gue mungkin bisa membaca bahasa tubuh gue yang keliatannya tenang tapi blingsatan, hhmm ato karena gue berwajah ramah ya? (tsahhh...) jadilah dia menyapa, dan ternyata kami searah. Lumayan bs diajak barengan kalo emang mesti naek taxi, bakalan ngirit ongkos tho?

Untungnya banyak juga yg turun di Dukuh Atas, dan harapan busway terakhir masih ada semakin besar. Tapi sodara - sodara, untung tak dapat diraih, malang tak dapat ditolak. Busway terakhir ke arah Pulo Gadung sudah berlalu, "abis...! abis...! abis...! busway udah gak ada" deuuhh galak banget tu petugasnya. Tapi teteuppp aja beberapa mas2 msh ada aja yang mo naek busway yg ngetem disitu, dan gue pula keukeuh tak beranjak dari depan busway yg ngetem, sambil clingak clinguk cari mbak yg tadi negor gue dan berusaha mencari mangsa buat dijadiin barengan utk naek taxi, lumayan ngirit ongkos (lagi) tho?

Akhirnya kami menyerah dan menerima kenyataan kalo busway emang udah gak ada, kami bubar. Tapi tiba2 secercah harapan muncul. Mungkin karena petugasnya iba melihat wajah2 kami yang nestapa, "tunggu...! tunggu...! ini sebenernya busway ke Pulo Gadung udah gak ada, yg ini mo pulang ke pool, tapi karena masih banyak penumpang, kalian boleh naik, tapi terakhir sampe Matraman". Lumayan lah sampe Matraman, ongkos bisa lebih hemat.

Ternyata... supirnya baik banget, dia mau nurunin penumpang satu per satu di halte tujuannya, dan setelah halte matraman dia msh terus, dan rombongan terakhir harus turun di halte BPKP Pramuka. Selama perjalanan itu gue berhasil kongkalingkong dengan penumpang yg laen supaya naek taxi barengan. Oke... jadilah 1 taxi berempat, 2 cewek, 2 cowok (eh yg 1 cakep lho... hehehehe), bersama2 menuju tujuannya masing2, dan tidak saling mengenal. Dan sampe satu per satu turun, gue gak tau nama mereka sapa aja, hehehe. Gak papa deh, yang penting mereka nyawer hehehe... (duhh maap ya keliatan miskinnya).

Sebenernya hal seperti itu bukan hal asing buat gue. Dulu... waktu masih jadi pengikut setia mahzab patas AC 08 yg tukang demo dan tukang membawa petaka namun gue tetap (sempat) setia, tentulah gue sering banget jadi korbannya. Salah satunya ya itu, naek taxi rame2 sampe Sudirman, di taxi ngobrol ngalor ngidul, tapi sampe turun gak tau namanya sapa, hahaha =D Trus besok2annya kalo ketemuan lagi senyam senyum aja, kadang ngobrol juga, tapi teteppp... namanya gak tau sapa (maaphh...).

Malam itu gue nyampe rumah jam 1/2 11, tapi gue mendadak hepi, gak capek, padahal biasanya gue udah loyo banget tu. Gue jadi kepikiran, apa karena udah lama ya gak terjadi hal2 ajaib dengan diri gue? hhmm... ato karena abis se-taxi dgn mas2 cakep tadi? hahahaha. Eh iya, sbnrnya gue takjub juga lho, kok mereka percaya aja ama gue ya? mo diajakin se-taxi bareng. Hari gini..... dikala kejahatan merajalela dimana2... ya Alhamdulillah...

Jadi inget dulu gue sering banget mengalami hal2 tidak menguntungkan dengan angkot, yg tiap naek bis mogok lah, ban-nya gembes lah, diserang anak2 tawuran lah, bensinnya abis lah, mesinnya kebakar lah (dulu pernah diposting disini), sampe soal foto2 ilang, gak boleh motret, diusir pas lagi review foto, nyasar, hehehe... ada2 aja deh pokoknya.

Hal2 tersebut mungkin hal2 yang biasa dan sederhana, dan dari tampangnya udah keliatan dia musibah ya, tapi kadang gue justru menikmati musibah2 kecil macem gitu, bikin mesam mesem geli sendiri. Mungkin karena hari2 gue dipenuhi hal2 yang rutin ya; brangkat pagi, ngantri busway, menyapa bos yang senantiasa bergeming (aiihhh...), duduk dibelakang komputer berjam2, ngejurnal, tiba2 udah dhuhur, ashar, magrib, pulang, ngantri busway, kena macet, begitu terus. Mungkin kita, ehmmm 'gue' maksudnya, butuh sesuatu yang berbeda untuk keluar dari rutinitas, melakukan sesuatu ato mengalami sesuatu yang lain. Mungkin ini juga yang menjelaskan kenapa gue suka kelayapan, suka naek angkot, dan suka mencoba hal baru (yg gue suka lah pastinya), karena ingin mengalami sesuatu yang lain itu.

Aaahhh... gue jadi kangen momen2 ngobrol dengan pemulung, musisi jalanan, tukang jualan jajan pasar di Monas, tukang jualan VCD bajakan, penjaga tiket busway, dengan atlit, dengan pengrajin, dengan seniman. Kangen jalan kaki lewat gang-gang kecil diperkampungan belakang terminal Pulo Gadung, kangen denger suara2 mereka (yang betawi banget) saat saling berinteraksi, suara anak2 yang berlarian ato jejeritan, ngeliat mereka main bola, ngeliat abang2 jualan yang gak jelas itu makanan apa tapi laris banget dikerubungin anak2 (mending lah, daripada dikerubungin laler, hayoo), dan banyak lagi lah. Ini kenapa tulisannya jadi kemana2 gini ya??

Yaah pada intinya, kadang justru dari hal2 sederhana, dari hal2 yang "membumi" bisa membuat warna dalam hidup kita, ehhmm 'gue' maksudnya, menjadi lebih indah, membuat kita kembali menemukan semangat hidup dan berjaya. Tssaahh... mulai musim ujan ni, jadi tulisannya rada becek2 gini. Yah pokoknya dikala sedang down, pastilah ada hal2 kecil yang bisa bikin anda kembali semangaaaaatttt...!!

Catatan si Rey:
Horee...!! seenggaknya postingan gue ganti...!! =D

8 comments:

Anonymous said...

selamat bersemangat kembali !!!

Manda La Mendol said...

Keajaiban khan terjadi ama kita juga Rey, akrab di dunia maya, lanjut di dunia nyata..., berkat dirimu Rey,aku punya temen liputan ama jalan-jalan di Jakarta.

*Hehehe..jadi inget pas aku ngutang, buat traktir makan.Wakakakaa..

Manda La Mendol said...

Eh Keajaiban juga menimpaku. Biar blogspot diblokir ternyata diriku masih bisa ngeblog dari kantor..hehehe *ngelirik anton yang ngasih triknya...heheheeh

Rey said...

@jago makan: iya mbak, sebenernya di dunia blog aku gak kenal banyak org, cuman ya, alhamdulillah yg aku kenal tu kok ya yg cocok dan baik2, hubungan bs berlanjut baik ampe skrg. Terutama dgn blogger2 surabaya, jauh di mata dekat dihati, halahhh. Hushh! soal utang2an jgn dibahas disini

Manusia [tidak] bodoh said...

koq tiap ak ke jkt km ga traktir rey?? *mikirdotkom*

Anonymous said...

lha, mana itu fotonya mas2 cakep yg setaksi sama kamu?

Rey said...

@fahmi: pertama, gak kepikiran utk motret. Kedua, ntar kalo pun aku foto dan aku publish disini, takutnya kamu malah naksir, kan repot... :P

@april: salah sendiri Pril, ke Jkt kok gak blg2, gmn aku mo traktir... ;)

@jago makan: mbak, jangan kapok ngajak aku liputan yaa... :D

Azhar said...

rey rey ada aja sih lo,,,

ajaib!!

:D