Thursday, February 26, 2009

Republik Petruk

Ini ngambilnya gak sengaja, tiba2 njepret... ehh miring.

Makin lama blog gue tampaknya mengalami pergeseran nilai nih. Kalo dimusik kan ada tuh tembang2 lawas. Nahh sama tuh ama blog gue sekarang, lawas... Lawas apdetannya maksud gue (bukannya dari dulu udah gitu yaa?). Abis gimana yee... sekarang ngeblog sesempetnya aja sihh... (bukannya dari dulu juga demikian?).

Episode kali ini sebenernya untuk memuaskan salah seorang penggemar yg pengen liat foto2 gue, waktu nonton teater koma akhir Januari lalu. Padahal udah gue bilang foto2nya biasa aja, eehh dia keukeuh jumekeuh pengen liat ”gue gak nanya pendapat elo, gue pengen liat foto2 lo” deuu... galak amat.... Ya sud lah... daripada gue aplod di fesbuk, mending disini aja deh, biar sekalian cerita dikit.

Pentas teater koma yang bertajuk “Republik Petruk” mengetengahkan tentang pemanfaatan kekuasaan oleh Petruk karena dititipi jimat Kalimasada. Cerita berawal dari Mustakaweni yang ingin balas dendam kepada Arjuna atas kematian ayahnya, Niwatakawaca (bener gak ya? Mudah2an bener deh). Satu2nya jalan membunuh Arjuna adalah dengan mencuri jimat Kalimasada yg sakti mandraguna. Untuk meluluskan rencananya tersebut, Mustakaweni menyamar menjadi Gatotkaca. Dan berhasil...!! Mustakaweni berhasil mengelabui Sembadra, eh Drupadi (sing bojone Pandawa ki sopo? Drupadi tho?) untuk menyerahkan jimat tersebut pada si Gatot alias Mustakaweni. Jimat Kalimasada langsung dibawa kabur.

Dengan jimat tersebut tidak ada yang bisa menandingi Mustakaweni yang mendadak sakti. Mustakaweni merajalela. Srikandi yang berniat merebut jimat tersebut langsung runtuh dihajar Mustakaweni. Bahkan Pandawa (kecuali Arjuna yang saat itu sedang tdk ditempat) pun keok.

Disaat suasana kritis seperti itu, tiba2 datang Bambang Priyambodo yang ingin bertemu dengan ayahnya, Arjuna. Srikandi yang cerdik memanfaatkan situasi tersebut, dia bersedia mempertemukan Bambang Priyambodo dengan Arjuna, tapi dengan catatan si Bambang harus menaklukkan Mustakaweni dan merebut jimat Kalimasada.

Singkat cerita Mustakaweni akhirnya takluk ditangan Bambang Priyambodo. Bukan karena Priyambodo lebih sakti, melainkan karena hati Mustakaweni terlanjur klepek2 saat bertemu dengan Bambang Priyambodo yang ceritanya guantengg. Jimat kalimasada berhasil direbut. Dalam suasana genting dan hiruk pikuk, si jimat dititipkan ke Petruk, dan Petruk pun lari menyelamatkannya.

Nahhh saat Petruk lari membawa jimat kalimasada, Batara Guru dan Batara Narada ngompor2i Petruk untuk memanfaatkan jimat tersebut semaksimal mungkin ”kesempatan tidak datang dua kali”. Akhirnya... dengan jimat tersebut Petruk menaklukkan kerajaan Lojitengara dan menjadi Raja bergelar Prabu Petruk Belgeduelbeh Tongtongsot.

Dengan pemerintahan nyantai ala Petruk, Lotijengara menjadi negeri yang makmur. Pejabat takut korupsi, polisi bersikap baik, dedikatif, KKN dan berbagai penyelewengan atas nama demokrasi memang marak, tapi terkendali. Dalam memerintah, Prabu Belgeduelbeh malah banyak makan, pesta, nyanyi dan nari. Namun Lojitengara tidak lama berjaya, karena toh itu negeri jadi2an.

Ini kali kedua saya menonton pertunjukan teater (kesian yaa...), sebelumnya waktu kelas 1 SMA (hahaha lama amat), itu pun karena tugas sekolah. Jadi... bagi saya sendiri, pertunjukan ini seperti nostalgia. Durasi 4 jam sungguh hampir tidak terasa, karena disetiap adegan tidak pernah membosankan, dialog2nya segar, menghibur dan sering tidak terduga dengan penggunaan bahasa2 gaul. Mungkin satu2nya adegan yang membosankan adalah pada awal babak kedua dimulai, saat adegan goro2 (Semar, Gareng, Bagong, minus Petruk). Menurutku dialog2nya berat, terlalu filosofis, bikin mata juga ikut berat (wis wayahe turu kok dikon mencerna sing serius2...?). Tapi secara keseluruhan... sungguh 4 jam yang menghibur, terlebih lagi bila mengingat pertunjukan ini digelar selama hampir sebulan, tentunya dibutuhkan komitmen dan konsistensi yang luar biasa agar performa tetap terjaga kualitasnya dari awal hingga akhir periode pementasan. Kebetulan saya menonton di hari kedua yang terakhir, dan saya terhibur :). Selamat buat Teater Koma. Keep up the good work...! (taelahhh kayak gue sapa aja...).

Oh iya, ini ni foto2nya, diambil dari balkon (karena tiketnya murah), dan beginilah hasilnya. Semoga berkenan... :)


Mustakaweni yang sesumbar ingin membunuh Arjuna

Pandawa



Gatot kaca yang dirasuki Mustakaweni mendadak menyembah mbok Cangik

Drupadi saat mengeluarkan jimat Kalimasada


Betara guru dan Narada. Kalo di wayang orang : "pak pung pak mustape, kali code sopo sing nggawe?"


Prabu Petruk Belgeduelbeh dan istrinya Ambarwati



Petruk saat menerima laporan dari salah satu mentrinya. Sambil makan...


Tau gak seehh... beberapa foto gue ilang. Abis motret gue sempet liat2 hasilnya sekilas, trus udah tuh gue diemin. Eehh pas semalem liat lagi "lho kok jadi pendek?? kok kayaknya ada yg ilang??" Gak tau deh tu mengapa demikian, padahal gak ngerasa ngapus juga. Tp alhamdulillah ya yg ilang cuman beberapa, gak sampe 100 foto :))

Catatan si Rey:
Lakon ini kan sebenernya diangkat dari kisah pewayangan yaa...?! Ditengah2 nonton pertunjukannya, mendadak teringat waktu masih muda dulu (wkt masih kecil gitu), gue sering nonton wayang orang di Sriwedari (Jawa banget ya gue...). Sampai skrg pun Sriwedari masih eksis (ato dipaksakan tetap hidup?), dengan harga karcis dan jumlah penonton minimalis, yg kondisinya bertolak belakang dengan penonton Teater Koma ini yang kapasitasnya hampir terisi penuh. Sungguh miris... Adakah yang bisa kulakukan?

10 comments:

Anonymous said...

selamat Rey...akhirnya ni blog apdet juga...


*tepok tangan*

Rey said...

Sungguh Dev, gue gak nyangka ternyata elo penggemar berat gue. Baru gue apdet langsung dikomen, walopun komennya gak nyambung, ck ck ck ck ck ck...

Anonymous said...

itu foto pertama walo dibilang miring, tapi aku paling suka foto yg itu dibanding foto2 lain di bawahnya :D

Rey said...

Benul mi, aku jg suka foto gak sengaja kejepret itu. Nahh setelah kuliat hslnya lumayan, aku nyoba njepret secara sengaja bbrp kali, eehhh hasilnya ndak sepiro apik, malah dho ilang pisan. Itu foto pada kemana yaa?? yg bagian2 terakhir ilang, gue jg bingung kok bisa? gue salah mejet apa? gue gak ngerasa nge-delete deh :((

Foto2 yg laen aku juga kurang sreg mi. Dah lama gak motret mi... intuisi gak secemerlang dulu, makanya aku pgn ngasah lagi skrg :))

Anonymous said...

fotonya ciamik lho...
pakai asa berapa ??

Teguh Prayogo said...

Assalaamualaikum.

amazing Rey... you're a true photographer indeed. saya baru tahu neh, hehe.. :)

Rey said...

@Iman: Alhamdulillah, makasih pak. Ta' geber 1600 pak, kan gak boleh pake blitz :)

@Teguh: Wa'alaikum salam. Ajkk mas, tp sepertinya berlebihan deh. I am nothing... :) still need to learn a lot :)

Anonymous said...

yeee..kok bisanya dendam sih,rey..kan beneran pengen liat foto2 lo.Abis lo serius bgt sih motonya pake duduk di koridor segala.Padahal lebih bagus angle-nya kalo di tempat duduk lo,tapi bagus kok foto2nya. oh iya,atu lagi..lain kali kalo mau pulang jangan ninggalin kita2 ya..dateng bareng,pulang kudu bareng duong...kekeke

Manda La Mendol said...

Rey.........!!!!! huebattttt dapat di balkon..bukannya itu VIP. Soal foto aku ndak bisa nilai lah...yang jelas aku suka foto batara guru ama narada.

dawud abd said...

salam kenal ya.. hehe ;-p